Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Cara Membuat Usaha Es Krim, Si Manis Favorit Semua Kalangan

Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar kata es krim? Tentunya manis, enak, dingin dan masih banyak lagi kata-kata yang pasti muncul ketika ditanya soal es krim. Ya, si manis ini memang sangat diminati semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Maka, nggak heran hingga saat ini banyak bermunculan usaha es krim. Makanan beku yang satu ini banyak dijual di warung, pedagang keliling, bahkan di restoran/kafe dengan berbagai macam bentuk, mulai dari es krim stik, cone ataupun cup hingga es krim unik.

Prospek Usaha Es Krim

Siapa sih yang tidak kenal dengan es krim? Kuliner dingin yang biasanya terbuat dari susu ini memang memiliki banyak penggemar dari semua kalangan. Sehingga, peluang memasarkan kuliner ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan produk asing yang belum dikenal banyak orang.

Jika kamu berminat untuk membuka usaha kuliner, nggak ada salahnya lho untuk mencoba usaha es krim rumahan. Kamu bisa membuat es krim sendiri dengan rasa yang lezat dan penyajian yang menarik ataupun menjadi reseller es krim yang sudah memiliki nama untuk dipasarkan di warung/kedai milikmu.

Peluang usaha/bisnis es krim sendiri tidak mengenal waktu, dari dulu hingga sekarang kuliner yang satu ini tetap ada dan memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Lantas, bagaimana cara membuat usaha es krim rumahan? Simak penjelasannya berikut ini ya…

Cara Membuat Usaha Es Krim Rumahan

Sebelum memulai usaha, ada baiknya kamu perhatikan hal – hal berikut ini yang berguna untuk kelangsungan usaha es krim kamu nantinya. Berikut tipsnya :

  • Tentukan target pasar. Hal ini sangat penting, karena penikmat es krim berasal dari semua kalangan. Anda harus mengolah es krim dengan cermat agar bisa memanfaatkan peluang yang satu ini.
  • Tentukan besarnya pengeluaran modal. Supaya tidak jauh melenceng dari yang sudah ditentukan, ada baiknya anda membuat analisa modal terlebih dulu untuk memulai usaha es krim ini.
  • Tentukan jenis es krim yang mau kamu jual. Banyak sekali jenis es krim yang dijual di pasaran, supaya usaha es krim kamu beda dari yang lain kamu harus menentukan rasa, bentuk, jenis es krim yang akan dijual. Biar punya keunikan tersendiri pastinya.

Selanjutnya, cara membuat usaha es krim rumahan bisa kamu simak disini :

  1. Investasi mesin es krim. Selain mudah digunakan, mesin es krim juga menjadi investasi jangka panjang kamu di bisnis ini karena bisa menghasilkan banyak es krim tentunya. Harga mesin es krim bervariasi tergantung dari kapasitas produksi yang dihasilkan.
  2. Menjadi reseller es krim yang sudah memiliki nama misalnya, juga bisa lho. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal mulai dari Rp 500.000 untuk membeli beberapa dus es krim. Nah, biasanya mesin/freezer es krim dipinjamkan dari supplier es krim tersebut.
  3. Mau membuat es krim yang unik? Bisa, kamu hanya perlu banyak praktek untuk membuat es krim yang lezat. Alat yang dibutuhkan juga sederhana, diantaranya mixer, freezer, wadah es krim, sendok es krim dan lain-lain.
  4. Terus berinovasi, supaya usaha es krim kamu berkembang dan menjadi favorit semua kalangan.

Contoh Usaha Es Krim Rumahan

Bukan hanya es krim stik, cone ataupun cup saja, tapi es krim juga bisa diolah menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan. Kini, banyak bermunculan olahan es krim yang menggiurkan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya.

  • Es Krim Goreng

Olahan es krim yang satu ini cukup hits lho di kalangan anak muda. Berbahan dasar roti yang diisi es krim berbagai rasa ini bisa jadi inspirasi usaha es krim rumahan kamu. Cara membuatnya pun cukup mudah dan dijual dengan harga yang relatif murah.

Baca juga : cara membuat es krim goreng

  • Es Krim Kuburan Mantan

Siapa sih yang nggak tahu dengan es krim kuburan mantan? Disebut seperti itu, karena es krim ini memang didesain menyerupai kuburan, lengkap dengan nisannya. Terdengar agak horor memang, tapi nyatanya es krim ini booming sekali dan menjadi favorit semua kalangan.

  • Es Krim Pot Bunga

Nah, satu lagi es krim yang menjadi fenomenal beberapa waktu lalu. Siapa lagi kalau bukan es krim pot? Sebenarnya bentuknya saja yang unik, karena es krim ini ditempatkan di sebuah pot dan toppingnya berasal dari jelly atau buah-buahan yang dibentuk seperti tanaman. Butuh keahlian khusus untuk menghias es krim ini, selebihnya kamu bisa menggunakan bahan es krim yang sudah jadi. Berminat untuk membuka usaha es krim pot bunga?

  • Pancake Es Krim

Untuk membuat olahan es krim ini, kamu harus bisa membuat pancakenya terlebih dulu. Jika sudah, tinggal hias dengan topping es krim sesuai selera. Makanan yang satu ini pas disajikan di kedai atau kafe. Jika kamu berniat membuka usaha kafe dengan berbagai olahan es krim, menu yang satu ini wajib ada ya!

  • Es Krim Durian

Pecinta buah durian? Nah, jangan melewatkan olahan dari durian yang satu ini ya. Apalagi kalau bukan es krim durian. Cara membuatnya cukup mudah dan modal yang dikeluarkan juga terjangkau. Dijamin, banyak yang suka deh!

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin Es Krim

Cara membuat es krim dengan mesin es krim terbilang lebih simple jika dibandingkan dengan membuat es krim manual (tanpa mesin). Selain itu, kamu juga dapat menghemat waktu dan dapat menghasilkan lebih banyak produksi.

Salah satu contoh yang kami ambil adalah membuat es krim cone dengan menggunakan mesin es krim. Berikut penjelasannya :

  1. Siapkan bahan es krim instan, wadah, dan mixer.
  2. Masukan 1 kilogram bubuk es krim dan tambahan 3 kilogram air matang ke dalam wadah.
  3.  Lalu, campur bahan-bahan tersebut dengan telur untuk kemudian diaduk dengan mixer hingga merata.
  4. Diamkan beberapa saat, sebelum dimasukan ke dalam mesin es krim cone.
  5. Kini es krim cone sudah bisa kamu nikmati. Selamat mencoba ya!

Sementara itu, ada dua jenis bahan dasar untuk membuat es krim di antaranya :

  1. Bahan bubuk atau powder. Sebelum memproduksi es krim dari bahan ini kamu harus menambahkan air terlebih dulu. Bubuk es krim dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa merubah kualitas produk.
  2. Bahan cair. Pastikan selalu simpan bahan ini pada suhu dibawah tiga derajat Celcius. Kekurangan dari bahan jenis ini hanya memiliki jangka waktu simpan yang terbilang singkat, yaitu 5-7 hari saja. Oleh karena itu, sebaiknya simpan bahan sisa produksi anda di freezer -26 derajat Celcius untuk menghindari perkembangan bakteri di susu.

Sudah tau kan karakterisitik bahan dasar es krim dan cara membuat es krim dengan mesin es krim? Semoga bisa membantu kamu yang ingin memulai usaha es krim ini ya.

Demikian informasi dan tips seputar usaha es krim. Jangan lupa share artikel ini dan semoga menginspirasi kamu terus ya! Selamat mencoba!

Leave a Reply