Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Category: Kuliner

Kuliner

Cara Membuat Cupcake Sederhana Ala Cafe Yang Lezat

Cupcake, tampilannya yang imut dan warna-warni membuat kue mungil yang satu ini jadi favorit semua orang. Selain rasanya yang lezat, cara membuat cupcake juga tidak sulit lho. Ada banyak cara dan variasi cupcake yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Tapi, sebelum itu ada yang tahu nggak darimana kue mungil ini berasal?

Apa Itu Cupcake?

cara membuat cupcake

Mungkin beberapa orang belum tahu soal cupcake ini. Baiklah, cupcake adalah jenis kue bolu yang berasal dari Amsterdam. Kue bolu ini memiliki bentuk seperti cup atau gelas/cangkir yang dihias, jadi orang-orang menyebutnya cupcake dan menjadi populer hingga saat ini. Meskipun bentuk cupcake hampir sama dengan muffin, cupcake memiliki tekstur yang lebih lembut. Cupcake banyak disajikan pada saat acara ulang tahun, pernikahan, hari kelahiran dan acara lainnya.

Tahukah kamu? Menurut buku “Receipt” karangan E. Leslie, cupcake dibuat pertama kali pada tahun 1950. Orang-orang menggunakan cangkir sebagai alat untuk menakar bahan-bahan membuat cupcake. Selain itu,  alat untuk memanggang cupcake masih menggunakan tungku sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk memanggang cupcake. Nah, untuk mengatasi hal ini mereka tidak menggunakan loyang yang besar melainkan dicetak dengan cangkir agar mempersingkat waktu.

Cara membuat cupcake dulu dan sekarang tentu jauh berbeda. Meski dulu hanya dianggap sebagai jajanan anak saja dan kurang populer di tahun 1950an, kini bentuk dan rasa cupcake lebih bervariasi. Bahkan, cupcake bisa menjadi alternatif kue tart yang ditumpuk bertingkat.

Kamu juga ingin membuat cupcake sendiri? Cara membuat cupcake mudah lho, selain cara memasaknya dipanggang, cupcake juga bisa dimasak dengan cara dikukus. Penasaran gimana cara membuat cupcake kukus?

Cara Membuat Cupcake Kukus

Cupcake adalah kue yang sangat disukai anak-anak. Selain rasanya yang lezat, cupcake juga dihias dengan berbagai macam bentuk. Cupcake juga jadi camilan yang bersahabat untuk keluarga. lebih higienis dan hemat daripada jajan diluar. Yuk, hidangkan cupcake untuk keluarga anda! Cara membuatnya sederhana lho, yaitu dengan cara dikukus. Selain menghindari bagian kue yang gosong, cupcake kukus biasanya mempunyai tekstur yang lebih empuk.

Berikut cara membuat cupcake sederhana dengan dikukus. Siapkan alat dan bahan berikut ini terlebih dahulu ya :

Bahan-bahan kue 

• 200 gram tepung terigu
• 125 gram mentega
• 150 gram gula pasir
• 1 sdt vanilli bubuk
• 3 butir telur
• 1 sdt baking powder
• 1 sdt soda kue

Bahan topping kue

• Buah stroberi
• Whipped cream
• 1 sdt pasta stroberi

Alat untuk membuat cupcake

• Panci untuk mengukus
• Cetakan kue cup
• Paper cup
• Mixer
• Spatula
• Piping bag

Cara membuat cupcake kukus

1. Panaskan panci untuk mengukus terlebih dahulu dengan api kecil agar kue bisa matang merata.
2. Campurkan tepung terigu, vanilli bubuk, soda kue ke dalam wadah lalu ayak menggunakan saringan.
3. Kemudian, lelehkan mentega hingga cair merata.
4. Setelah itu, siapkan wadah lalu kocok telur, gula pasir menggunakan mixer. Setelah agak mengembang, baru masukan tepung terigu yang diayak tadi secara perlahan-lahan. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur. Jangan lupa tambahkan baking powder.
5. Lalu, masukan mentega cair ke dalam adonan sambil diaduk menggunakan spatula hingga merata.
6. Selanjutnya, tuang adonan ke dalam cetakan. Masukan adonan 3/4 bagian ke dalam paper cup. Kukus adonan kue hingga matang.
7. Campurkan pasta stroberi dengan whipped cream, lalu hias cupcake sesuai selera. Tambahkan potongan stoberi diatasnya.
8. Cupcake siap disantap bersama keluarga.

Itulah cara membuat cupcake kukus yang sederhana. Jumlah cupcake  kurang lebih 10 porsi jika menggunakan resep diatas. Selamat mencoba!

Cara Membuat Cupcake Coklat

Siapa sih yang nggak suka coklat? Hampir semua orang memfavoritkan jenis makanan yang satu ini. Nah, belum lengkap rasanya jika cupcake yang kamu buat belum ada yang rasa coklat. Biar makin chocolatey kamu bisa menambahkan nutella buat topping cupcake coklatmu. Dijamin lezat deh! Penasaran kan gimana cara membuat cupcake hias coklat dengan topping nutella?

Bahan untuk membuat kue :

• 130 gram tepung terigu
• 100 gram gula halus
• 150 gram dark chocolate, potong kecil-kecil
• 30 gram coklat bubuk
• 120 ml susu cair putih
• 1 sdt soda kue
• 130 gram mentega
• 1/2 sdt garam
• 1 sdt baking powder
• 3 butir telur

Bahan untuk topping :

• 200 gram nutella
• Chococip warna-warni

Cara membuat cupcake coklat :

  1. Campurkan dark chocolate dan susu cair ke dalam panci, lalu panaskan sambil diaduk-aduk agar tidak menggumpal.
  2. Selanjutnya, campurkan tepung terigu, coklat bubuk, soda kue ke dalam wadah dan ayak menggunakan saringan.
  3. Kemudian, masukkan mentega dan gula halus ke dalam wadah lain, aduk menggunakan mixer hingga merata. Tambahkan telur dan aduk lagi hingga tercampur rata.
  4. Lalu, campurkan bahan yang sudah diayak tadi ke dalam adonan sedikit demi sedikit. Tambahkan baking powder lalu aduk hingga mengembang.
  5. Setelah itu, masukan dark chocolate yang sudah dilelehkan ke dalam adonan. Aduk hingga merata menggunakan spatula.
  6. Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah diberi paper cup, 3/4 bagian saja.
  7. Panggang adonan menggunakan oven kurang lebih selama 25 menit hingga 30 menit pada suhu sekitar 180 derajat celcius hingga matang.
  8. Sambil menunggu matang, siapkan nutella yang sudah dimasukan ke dalam piping bag untuk hiasan cupcake.
  9. Keluarkan cupcake dari oven, dinginkan sebentar. Lalu hias dengan menggunakan nutella sesuai selera. Jangan lupa tambahkan chocochip warna-warni di atasnya agar terlihat lebih menarik.

Gimana? Mudah kan cara membuat cupcake hias coklat dengan toping nutella? Selamat mencoba ya~

Jenis – Jenis Topping Cupcake

Cupcake terlihat lebih menarik karena toppingnya yang bervariasi. Bukan hanya whipped cream saja yang sering digunakan untuk topping. Tapi ternyata cupcake punya banyak jenis topping yang berbeda. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Meringue Frosting 

Salah satu toping cupcake yang cukup rumit ini terbuat dari gula pasir dan putih telur yang dikocok hingga mengembang. Tidak hanya sampai disitu saja, frosting ini membutuhkan mixer listrik dan termometer dalam pembuatannya. Jika ingin menggunakan topping ini, hias cupcake beberapa jam sebelum acara atau pada saat kita ingin memakannya.

  • Buttercream Icing

Cara membuat topping ini cukup mudah, yaitu dengan mencampur susu atau cream dengan gula, mentega dan icing. Topping ini juga cukup populer untuk hiasan cupcake.

  • Cream Cheese Frosting 

Cara membuat cream cheese frosting ini hampir sama dengan buttercream icing, hanya saja menteganya diganti dengan krim keju. Topping ini sangat cocok untuk pecinta keju, sudah pernah coba membuatnya?

  • Whipped Cream 

Topping yang paling sering digunakan untuk hiasan cupcake ini terbuat dari gula pasir, krim, dan sedikit pewarna makanan. Cara membuatnya cukup mudah, hanya dengan mengaduknya menggunakan mixer hingga teksturnya berubah menjadi kaku. Selain bisa membuatnya sendiri, whipped cream juga dijual dalam kemasan instan.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai topping cupcake yang biasa digunakan. Kamu sendiri lebih suka pakai topping apa untuk membuat cupcake?  Cara membuat cupcake lucu dan menarik dengan tambahan topping sehingga membuat orang lebih selera menikmatinya.

Demikian informasi lengkap mengenai cara membuat cupcake, semoga bisa memberikan kamu inspirasi untuk membuat cupcake sendiri di rumah ya!

Kuliner

Sate Taichan, Kuliner Yang Lagi Hits

Buat pecinta kuliner pastinya sudah nggak asing lagi dengan sate taichan, kuliner yang hits banget di tahun 2016 hingga sekarang. Peminat sate ayam tanpa bumbu kacang dan kecap ini semakin meningkat, sehingga kini banyak pedagang sate taichan menyebar hingga seluruh Indonesia. Cara membuat usaha sate taichan akan kami bahas selengkapnya disini. Namun sebelum itu, kenapa sih sate ayam ini disebut sate taichan? Ada yang tahu?

Apa Itu Sate Taichan? Asal Usul Dan Historinya

Mungkin banyak yang mengira kalau sate taichan berasal dari negara Jepang atau Korea, padahal kuliner ini kreasi asli Indonesia lho. Sate yang terbuat dari daging ayam ini memang berbeda dari sate ayam yang biasa dijual di pasaran. Apa sih yang bikin beda? Ternyata sate taichan tidak menggunakan kecap dan bumbu kacang saat disajikan, melainkan bumbu khusus. Selain itu, tampilan daging ayam setelah dibakar juga lebih putih dibandingkan sate ayam lainnya – cara membuat usaha sate taichan.  

Adalah Amir, salah satu pemilik gerai sate taichan di daerah Senayan sekaligus pelopor menu sate ini mengatakan kalau nama sate taichan diambil dari sebutan salah seorang pelanggan asal Jepang yang mampir ke gerainya pada saat itu. Tapi, si pelanggan meminta masak sendiri dan dia tidak menggunakan kecap maupun bumbu kacang, namun hanya garam ditaburkan ke daging, lalu jeruk nipis dan sambal diatasnya. Kemudian, Pak Amir bertanya apa nama yang pas untuk menu sate tersebut. Si pelanggan tersebut menyebutnya sate taichan. Bersama kedua temannya, yaitu Ocit dan Heri yang juga menjadi pelopor kuliner ini, Amir mengembangkan usahanya. Kini ada tiga sate taichan yang terkenal di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), yaitu Sate Taichan Bang Amir, Sate Taichan Bang Ocit dan Sate Taichan Bang Heri.

Nah, sekarang sudah tau kan apa itu sate taichan dan asal usulnya? Jadi, nggak cuma sering makan aja tapi kamu juga harus tahu asal usul kuliner yang lagi hits ini! Selanjutnya, kami akan share informasi rekomendasi tempat untuk menikmati sate taichan ini. Dimana saja ya? Simak disini ya…

Tempat Rekomendasi Untuk Makan Sate Taichan

Sate taichan banyak diburu pecinta kuliner, karena itu tak heran gerai sate taichan selalu ramai pengunjung. Begitu juga dengan lima tempat makan sate taichan yang recommended dan nge-hits di masyarakat berikut ini :

  • Sate Taichan 87 Bang Ochit Senayan

Lokasinya tepat berseberangan dengan patung panahan Senayan di Jl. Asia Afrika. Buka mulai jam 21.00 malam, tempat makan in selalu ramai pengunjung. Untuk menikmati sate taichan, kamu cukup merogoh 2 ribu rupiah saja per tusuknya. Murah kan? Soal rasa, nggak perlu diragukan lagi, dijamin lezat!

  • Sate Taichan Bang Ucup

Sate Taichan Bang Ucup berlokasi di Muara Karang Blok D7U nomor 201-203, Pluit, Jakarta Utara. Harga mulai Rp 3.000/tusuk. Mulai jam 6 sore hingga tengah malam kamu bisa menikmati sate taichan disini.

  • Sate Taichan Bang Maman

Satu lagi sate taichan di kawasan Jakarta Utara, tepatnya di Jl Danau Sunter Utara Blok J12 No. 6. Sate Taichan Bang Maman ini buka mulai jam 18.00 – 23.00 WIB. Untuk harga, Rp 25.000/porsinya. Terjangkau kan?

  • Sate Taichan Goreng

Kalau kamu jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa mampir ke Sate Taichan Goreng yang ada di Dipa Junction, Jl. Aria Jipang, Bandung. Selain di Bandung, tempat makan ini juga ada di Ruko Grand Galaxy City, Blok AR No. 15 Jl. Pulo Ribung, Bekasi Selatan dan Jl. Harapan Indah, Pejuang, Medan Satria, Kota Bekasi. Mulai dari Rp 2.500 kamu sudah bisa menikmati sate taichan disini. Jam buka pukul 10.00 – 23.00 WIB.

  • Sate Taichan Bang Gondrong

Nah, kalau kamu tinggal di Depok pasti sudah nggak asing dengan Sate Taichan Bang Gondrong yang ada di Jl. Margonda Raya, No 277D, Depok. Harga mulai Rp 2.500/tusuk dan jam buka 16.00 – 24.00 WIB.

Itulah 5 rekomendasi tempat makan sate taichan yang ada di Jakarta, Depok dan Bekasi. Daripada penasaran, mending langsung aja datangi tempatnya.

Cara Membuat Usaha Sate Taichan

Menu sate memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kuliner yang satu ini memiliki citarasa yang khas, dari daging bakar, kecap serta bumbu kacang yang khas.  Apalagi, makanan ini sangat cocok dihidangkan hangat dan dinikmati dengan nasi yang masih hangat pula. Tak heran, banyak penikmat sate yang ketagihan dengan menu yang satu ini.

Sate taichan, salah satu menu sate yang kini hits di kalangan pecinta sate. Uniknya, sate yang dibuat dari daging ayam ini disajikan tanpa kecap dan bumbu kacang lho. Melainkan hanya dilumuri garam, jeruk nipis dan sambal di atasnya lalu dibakar. Karena bentuk dan rasanya yang unik, tak heran menu yang satu ini sangat bagus untuk peluang usaha.

Nah, kamu berniat untuk usaha sate taichan juga? Simak dulu tips dan cara membuat usaha sate taichan berikut ini :

  1. Survei tempat usaha. Pilih tempat dan lokasi yang strategis, seperti perkantoran, perumahan, pasar, mall, kampus ataupun tempat keramaian yang lainnya.
  2. Survei harga pasaran. Sebelum membuka usaha sate taichan, baiknya kamu survei dulu harga sate taichan di pasaran. Sehingga, perbandingan harga dengan pedagang lainnya tidak terlalu jauh.
  3. Pilih bahan baku berkualitas. Untuk menghasilkan rasa yang lezat, tentu didukung dari bahan-bahan baku yang bagus. Jadi, selalu gunakan bahan-bahan berkualitas untuk menu sate taichan kamu.
  4. Latihan membuat sate taichan. Resep sate taichan banyak tersedia di internet, oleh karena itu terus latihan membuat sate taichan agar menemukan rasa yang pas.
  5. Gencar melakukan promosi. Banyak cara untuk melakukan promosi, diantaranya membuat brosur, media sosial, dan masih banyak lagi. Tujuannya tentu agar usaha sate taichan kamu semakin dikenal orang.

Itulah beberapa tips dan cara membuat usaha sate taichan. Semoga bisa membantu dan menginspirasi ya! Selanjutnya, kami akan membagikan informasi bagaimana cara membuat sate taichan yang lezat. Seperti apa?

Cara Membuat Sate Taichan Yang Lezat

Untuk bisa menikmati sate taichan di gerai/kedai sate taichan, kamu harus rela mengantri dengan pelanggan lain. Namun, sekarang nggak usah khawatir karena kamu bisa bikin sendiri di rumah. Selain bahan-bahan mudah ditemukan, cara membuat sate taichan juga sangat mudah lho. Siapa tahu bisa jadi peluang usaha juga kan?

Simak resep dan cara membuat sate taichan yang lezat berikut ini :

Bahan-bahan 

• dada ayam 2 buah, potong dadu
• 2 sendok teh lada bubuk
• jeruk nipis 2 buah
• 2 sendok teh garam
• tusuk sate secukupnya

Bahan untuk bumbu

• 7 buah cabe rawit
• 15 buah cabe merah
• 6 siung bawang merah
• 4 siung bawang putih
• 1 buah tomat
• 1/2 sendok teh lada
• 50 ml air
• 1/2 sdt garam
• Gula secukupnya (bisa diganti dengan gula merah)

Sudah tau kan bahan-bahan sate taichan? Sekarang simak yuk cara membuat sate taichan yang lezat berikut ini :

1. Cuci bersih ayam, kemudian potong dadu.
2. Tusukkan masing-masing 4 buah ayam yang sudah dipotong-potong tersebut dengan tusuk sate
3. Lumuri dengan garam, jeruk nipis dan lada. Diamkan hingga 20 menit
4. Panggang sate dengan api kecil agar matang merata, bolak balik agar tidak gosong
5. Kemudian, siapkan bumbu sate. Rebus semua bahan bumbu sate hingga melunak
6. Haluskan dengan blender, kemudian tumis hingga harum
7. Sajikan sate yang sudah dipanggang dengan bumbu. Sate taichan siap dinikmati

Sate taichan ini sangat lezat jika dinikmati bersama nasi hangat. Jangan lupa taburkan bawang goreng juga ya. Selamat mencoba!

Kuliner

Cara Membuat Cilok Mudah dan Enak Tanpa Bahan Pengawet

cara membuat cilok

Cilok, jenis makanan yang satu ini menjadi favorit semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Cara membuat cilok juga mudah, ditambah lagi makanan ini bisa divariasikan dengan makanan lainnya seperti daging ayam, telur, ikan dan lainnya. Tapi, tau nggak kenapa makanan ini bisa disebut cilok? Cilok adalah singkatan dari aci dicolok, makanan khas dari Jawa Barat yang terbuat dari tepung aci atau tepung tapioka yang kenyal. Penyajiannya ditusuk dengan lidi (bahasa sunda : dicolok) dan ditaburi saus bumbu kacang di atasnya. Tentu menambah selera bagi siapapun yang memakannya. Nah, sudah tau kan kenapa makanan ini disebut cilok?

Cilok biasanya dijajakan oleh pedagang keliling, bisa ditemukan juga di pasar malam, sekolahan, atau tempat yang penuh keramaian. Tapi, kamu juga bisa lho bikin cilok sendiri. Tentunya lebih sehat dan tanpa bahan pengawet. Cilok sangat pas dimakan di segala suasana, misalnya saat berkumpul bersama keluarga, sahabat, dan teman. Yuk, intip cara membuat cilok yang enak!

Cara Membuat Cilok Aci Isi Ayam Dan Daging

Camilan yang satu ini memang sudah enak, tapi lebih enak lagi jika ditambahkan isi daging ayam atau daging sapi cincang (bisa diganti dengan kornet). Cilok daging ayam biasanya dikenal dengan teksturnya yang lembut dan kenyal saat dimakan, begitu pula dengan cilok isi daging kornet. Kali ini, kami akan mengkombinasikan daging ayam dan daging kornet sapi untuk membuat cilok.

Bahan-bahan yang diperlukan :

• 1 kg daging ayam giling yang masih segar
• daging kornet sapi 1 kaleng
• 1 ons tepung kanji atau tepung tapioka. Tepung ini berfungsi untuk pengenyal
• 6 siung bawang putih
• 1 siung bawang merah
• 1 sendok makan garam
• 1/2 sendok teh merica bubuk atau lada bubuk
• Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Cilok Aci Isi Ayam Dan Daging

1. Campur daging ayam giling dengan daging kornet yang sudah disiapkan. Tambahkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging ayam dan kornet tersebut. Aduk hingga merata.
2. Kemudian, tambahkan merica/lada bubuk, gula, garam, penyedap rasa serta tepung kanji sedikit demi sedikit. Aduk dan uleni adonan hingga tercampur rata dan kalis.
3. Jika sudah kalis, bentuk bulat adonan tersebut. Jangan lupa taburkan sedikit tepung terigu di tanganmu agar tidak lengket di tangan. Sesuaikan ukuran, usahakan jangan terlalu besar atau kecil.
4. Lalu, masukkan adonan bulat ke dalam panci yang sudah terisi setengah air mendidih. Jika sudah mengapung dan mengembang, artinya cilok sudah matang. Angkat, lalu tiriskan sebentar.
5. Cilok siap dinikmati, kamu bisa menggunakan bumbu kacang atau saos sambal.

Cara membuat cilok yang enak ternyata sangat mudah kan? Siap mencobanya di rumah?

Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang

Cilok Bandung memang tidak ada tandingannya. Selain rasanya yang lezat, cara membuat cilok sederhana ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan lho…

Bahan untuk membuat cilok Bandung :

• 200 gram tepung kanji
• 2 siung bawang putih, haluskan
• 100 gram tepung terigu
• 1 sendok teh garam
• 1/4 sendok teh merica/lada bubuk
• Royco rasa ayam secukupnya
• 400 ml air hangat
• 2 batang daun bawang, iris tipis

Bahan untuk membuat bumbu kacang :

• 150 gram kacang tanah
• 2 sendok teh cuka
• 1 sendok makan garam
• 1 sendok teh gula
• Air bersih secukupnya

Cara membuat bumbu kacang :

• Sangrai kacang tanah, kemudian haluskan dengan blender.
• Lalu, tambahkan gula, cuka, garam dan air. Aduk rata hingga adonan sedikit cair. Masak sebentar sambil terus diaduk.

Cara membuat cilok Bandung yang enak :

• Campurkan tepung kanji dengan merica dan garam, aduk hingga rata.
• Lalu, masukkan royco rasa ayam secukupnya, gula dan air hangat ke dalam tepung kanji. Aduk hingga merata.
• Setelah itu, tambahkan tepung terigu dan aduk lagi hingga kalis dan tidak terlalu lengket
• Bentuk adonan menjadi bulat-bulatan sedang dan masukkan ke dalam panci yang sudah terisi air mendidih.
• Rebus cilok hingga matang. Angkat dan tiriskan. Tanda cilok sudah matang adalah mengembang dan mengapung di air.
• Sajikan cilok dengan bumbu kacang, tambahkan saus sambal jika menyukai pedas.

Cara Membuat Cilok Goreng Telur

Cilok rebus dengan bumbu kacang mungkin sudah sering kamu makan, tapi kalau cilok goreng telur? Pasti belum kan? Cilok goreng telur yang merupakan menu variatif ini bisa kamu bikin lho sebagai camilan. Cara membuat cilok ini juga sangat mudah, seperti apa? Simak caranya dibawah ini ya.

Bahan yang perlu disiapkan :

• 150 gram tepung tapioka
• 100 gram tepung terigu
• 250 ml air hangat
• 1 1/2 sendok teh garam
• 1/2 sendok teh merica bubuk
• Penyedap rasa secukupnya
• Tusuk sate kayu secukupnya

Bumbu halus :

• 2 siung bawang putih
• 1 siung bawang merah
• 1 sendok makan ebi/udang kering

Bahan lapisan :

• 3 butir telur
• 1 1/2 sendok teh garam
• Royco ayam secukupnya

Cara membuat cilok goreng telur :

1. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang ke dalam satu wadah, aduk rata.
2. Sangrai bumbu halus, hingga harum kemudian angkat dan campurkan ke dalam adonan. Jangan lupa tambahkan merica, garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk hingga rata.
3. Lalu, masukkan air hangat ke dalam adonan tersebut secara perlahan. Aduk hingga merata dan kalis.
4. Jika sudah kalis, bentuk adonan menjadi bulat sedang. Lalu rebus dalam air mendidih hingga matang. Angkat dan tiriskan.
5. Tusuk beberapa buah cilok menggunakan tusuk sate kayu. Lakukan terus hingga semua bahan habis.
6. Panaskan minyak, sementara menunggu minyak panas, kamu bisa membuat bahan lapisan cilok. Kocok telur, garam dan penyedap rasa hingga merata.
7. Celupkan sate cilok ke dalam kocokan telur, lalu goreng hingga matang.
8. Cilok goreng telur siap disajikan bersama saus sambal atau bumbu kacang.

Cara Membuat Cilok Isi Ikan Yang Enak

Jika kamu nggak suka dengan daging ayam atau daging sapi, kamu bisa lho membuat isian cilok dari ikan yang segar. Cara membuat cilok sederhanakok. Hampir sama  dengan membuat cilok yang lainnya, hanya saja isiannya diganti dengan daging ikan. Penasaran kan seperti apa cara membuat cilok isi ikan yang enak?

Bahan yang perlu disiapkan :

• 100 gram daging ikan tenggiri atau ikan tuna, potong-potong
• 200 gram tepung tapioka
• 50 gram es batu, hancurkan
• 50 gram tepung terigu
• 3 siung bawang putih
• Penyedap rasa secukupnya
• 1 1/2 sendok teh garam
• 1/2 sendok teh merica bubuk
• 1/4 sendok teh gula
• Air hangat secukupnya

Cara membuat cilok sederhana isi ikan :

• Masukkan daging ikan tenggiri yang sudah dipotong, es batu, garam, bawang putih, merica bubuk dan gula ke dalam blender. Haluskan merata.
• Siapkan wadah, campurkan tepung terigu dan tepung tapioka tersebut ke dalam wadah. Lalu, masukkan adonan ikan yang sudah diblender tadi. Aduk hingga kalis.
• Kemudian, bentuk adonan bulat-bulat kecil. Lakukan hingga adonan habis.
• Rebus ke dalam air mendidih hingga matang. Angkat dan tiriskan.
• Cilok isi ikan siap dinikmati dengan tambahan saus sambal atau bumbu kacang.

Cara Membuat Cilok Isi Telur

Kalau kamu penyuka cilok dan telur puyuh, kenapa nggak divariasikan aja? Yuk, bikin cilok isi telur puyuh yang lezat. Siapkan bahannya dulu ya….

Bahan untuk membuat cilok :

• 170 gram tepung terigu
• 80 gram tepung aci (kanji)
• 200 ml air hangat
• 1/4 sendok teh garam
• 1/2 sendok teh merica
• 1 siung bawang putih, geprek halus
• 1/4 sendok teh kaldu bubuk
• 1 tangkai daun bawang, iris halus
• Gula secukupnya
• 15 buah telur puyuh untuk isi

Cara membuat :

1. Campurkan tepung kanji dan tepung terigu dengan semua bumbu lalu aduk hingga rata.
2. Lalu, tambahkan air hangat ke dalam adonan tersebut. Aduk hingga rata dan uleni sampai kalis.
3. Ambil sedikit adonan, pipihkan dan isi dengan telur puyuh kemudian bentuk bulat.
4. Rebus cilok hingga matang merata. Lalu, angkat dan tiriskan.
5. Tusuk beberapa cilok dengan lidi, lalu sajikan dengan saus sambal atau bumbu kacang.
6. Cilok isi telur puyuh siap dinikmati.

Demikian resep dan cara membuat cilok yang enak. Buat penggemar cilok tentu sudah tidak sabar untuk membuatnya. Jangan lupa share artikel ini ya~

Kuliner

Cara Membuat Seblak Gurih, Enaknya Bikin Nagih!

Buat kamu pecinta kuliner, pasti sudah nggak asing lagi dengan seblak. Jajanan dari bahan dasar kerupuk yang direbus ini memang hits banget belakangan ini. Cara membuat seblak juga sangat mudah dan bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya seperti telor, makaroni, ceker sehingga membuat makanan yang satu ini memiliki citarasa yang unik. Tapi, tau ngga sih asalnya seblak darimana?

Asal Usul Seblak Hingga Menjadi Makanan Kekinian

Cara membuat seblak – Seblak merupakan kuliner khas Bandung. Tapi tahukah kamu makanan ini ternyata sangat mirip dengan makanan rakyat kecil dari Sumpiuh, Jawa Tengah yang dikenal dengan Krupuk Godog yang sudah ada sejak tahun 1940an. Seblak berasal dari Bahasa Sunda yang artinya “terhenyak”. Kenapa disebut seblak? Hal ini mengingatkan akan nikmatnya masa “sengsara” makan kerupuk mentah yang dimasak dengan bumbu tertentu.

Baca Juga : Cara Membuat Es Krim Enak

Seblak juga sudah ada di daerah Cianjur bagian selatan sebelum masa kemerdekaan, makanan ini dikonsumsi sebagai makanan pengganti bagi masyarakat ekonomi lemah pada masa itu. Sementara itu, seblak mulai populer pada tahun 2000an karena unik. Selain punya rasa yang pedas dan menyegarkan, tekstur makanan ini juga kenyal sehingga banyak orang yang menyukainya. Seblak biasa disajikan di rumah makan, dan warung, serta dijajakan pedagang keliling. Bahkan saat ini, seblak juga sudah menjadi makanan yang kekinian karena banyak dijual dalam kemasan, dan dijajakan melalui online ataupun di kafe tempat nongkrong anak muda.

Jenis seblak ada dua macam, yaitu seblak kering (kerupuk pedas sejenis basreng) dan seblak basah atau seblak kuah yang biasanya dikombinasikan dengan telor, makaroni, bakso, ceker, kwetiau, tulang ayam, dan masih banyak lagi. Lalu, gimana cara membuat seblak yang enak? Simak ulasannya berikut ini yuk…

Bahan dan Cara Membuat Seblak Enak

Seblak memang menjadi camilan yang digemari banyak orang, cara membuat seblak yang enak juga sangat mudah. Seperti yang sudah disebutkan tadi, seblak ada dua jenis, yaitu seblak kering dan seblak basah.

seblak-kering

Resep dan Cara Membuat Seblak Kering

Bahan-bahan:

• 1 ons kerupuk bawah atau kerupuk udang
• 2 butir bawang merah
• 1 butir bawang putih
• 5 buah Cabe rawit
• 1/2 sdt lada
• 1 sdt Garam
• Penyedap rasa secukupnya
• Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Goreng kerupuk bawang hingga setengah matang.
2. Haluskan bawang putting, bawang merah, cabe rawit, lada dan garam.
3. Lalu tumis campuran bumbu halus ini bersama dengan kerupuk bawang setengah matang tadi. Aduk hingga bumbu tercampur rata dan kerupuk bawang benar-benar matang.
4. Angkat, lalu tiriskan.
5. Masukkan kerupuk ke dalam toples, taburkan bumbu penyedap rasa. Tutup rapat toples tersebut dan kocok-kocok toples hingga bumbu merata.
6. Seblak kering siap disantap.

seblak basah

Resep dan Cara Membuat Seblak Basah 

Bahan bahan :

• 50 gram kerupuk ikan.
• 1 butir telur.
• 1 tangkai daun bawang
• 1/2 sdt lada.
• Garam dan bumbu penyedap rasa.
• 5 buah cabe rawit
• 2 siung bawang merah
• 1 siung bawang putih
• Bawang goreng secukupnya
• 1 buah sosis atau bakso untuk pelengkap
• Minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat :

1. Rebus kerupuk ikan hingga lunak.
2. Haluskan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan lada lalu tumis hingga harum.
3. Masukkan bakso, sosis, dan daun bawang yang sudah diiris. Aduk hingga merata.
4. Masukkan kerupuk yang sudah direbus lunak tadi, aduk lagi.
5. Masukkan telur kocok, aduk cepat agar telur tidak menggumpal
6. Berikan sedikit air, tambahkan garam dan penyedap rasa. Aduk lagi hingga bumbu meresap.
7. Seblak basah siap disantap.

Cara Membuat Seblak Ceker Kuah Pedas

Selain seblak telor, seblak ceker juga jadi favoritnya pecinta kuliner. Apalagi jika dinikmati pada saat musim hujan seperti saat ini. Selain rasanya yang gurih, seblak ceker juga mempunyai tekstur yang empuk sehingga punya sensasi tersendiri saat kamu memakannya.

Lalu, gimana cara membuat seblak ceker kuah pedas yang gurih dan lezat? Simak caranya dibawah ini ya…

Bahan – bahan yang diperlukan :

• 500 gram ceker ayam
• 100 ml air bersih
• 2 siung bawang putih
• 3 siung bawang merah
• 5 buah cabe merah
• 5 buah cabe rawit (sesuai dengan selera)
• Lada secukupnya
• 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
• 1 ½ sendok teh garam
• Penyedap rasa secukupnya
• Kecap manis secukupnya

Cara membuat seblak ceker pedas :

1. Siapkan air dalam panci dan rebus hingga mendidih. Lalu, masukan ceker dan rebus hingga matang dan empuk. Tambahkan garam agar rasanya gurih. Angkat, lalu bersihkan kulit dan kukunya.
2. Campur dan haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah dan sedikit lada.
3. Panaskan wajan kemudian tambahkan minyak dan tumis bumbu halus hingga matang dan tercium aroma harum wangi.
4. Kemudian, masukan ceker dan air ke dalam wajan dan tambahkan garam, penyedap rasa dan kecap manis agar rasanya lebih gurih. Aduk hingga bumbunya meresap dan matang.
5. Seblak ceker siap dinikmati.

Cara Membuat Seblak Makaroni Super Pedas

Satu lagi seblak yang akan bikin kamu nagih, seblak makaroni. Apalagi kalau kamu pecinta makanan pedas, wajib mencoba buat seblak makaroni ini di rumah ketika ada waktu senggang. Perpaduan kerupuk dan makaroni yang merupakan salah satu jenis pasta ini akan menjadikan makanan ini memiliki rasa yang variatif.
Yuk, simak bahan apa saja dan gimana cara membuat makaroni super pedas ini!

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

1. Makaroni sebanyak 100 gram
2. 100 gram kerupuk ikan
3. 1 butir telur
4. 1 ½ sdt garam
5. 1/2 sdt gula pasir
6. 1 sdt lada bubuk
7. Penyedap rasa secukupnya
8. air secukupnya
9. Bahan tambahan seperti bakso, sosis, udang sesuai selera
10. Kecap manis secukupnya

Bumbu Halus

1. 3 siung bawang merah
2. 1 siung bawang putih
3. 1 butir kemiri
4. 10 bh cabe rawit (atau sesuai selera)

Cara Membuat Seblak Makaroni Super Pedas

1. Rebus makaroni dan kerupuk ikan hingga lunak. Jika sudah lunak, angkat lalu masukan ke dalam air dingin agar tidak menyatu. Bisa juga dengan menambahkan 1 sdt minyak goreng pada saat kerupuk dan makaroni direbus agar tidak lengket pada saat matang.
2. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Lalu, masukkan bahan tambahan seperti irisan bakso, sosis, udang, cumi atau bahan lainnya sesuai selera. Tumis sebentar.
3. Masukkan makaroni dan kerupuk mentah yang tadi sudah direbus. Bubuhkan garam, gula pasir dan lada bubuk secukupnya.
4. Masukkan telur, aduk cepat agar tidak menggumpal. Setelah itu, tuang air secukupnya masak hingga mendidih. Jika kamu suka seblak kuah, tambahkan air lebih banyak.
5. Angkat dan seblak makaroni super pedas siap dinikmati.

Selamat Mencoba Bikin Seblak!

Tips Cara membuat seblak sederhana, bukan? Seblak basah dan seblak kering memang menjadi makanan favorit dan hits saat ini. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk dapat menikmati makanan yang satu ini. Kamu bisa membuatnya sendiri, apalagi bahan-bahannya sangat mudah ditemukan dan simple. Siap kan bikin seblak sendiri di rumah? Happy cooking!

Jangan lupa share artikel ini ya! Siapa tau lagi ada yang butuh resep seblak.

Kuliner

Cara Membuat Es Krim Mudah Buat Kamu Yang Hobi Makan Dessert Yang Satu Ini

Es krim, makanan penutup atau dessert yang menjadi favorit banyak orang. Cara membuat es krim juga cukup mudah. Tak ayal, es krim menjadi salah satu minuman yang berpeluang untuk dijadikan usaha atau bisnis rumahan. Ditambah lagi, dessert yang satu ini bertekstur lembut dan dingin sehingga sangat cocok diminum pada saat cuaca panas sambil bersantai bersama keluarga dan sahabat.

Berikut ini kami akan membahas cara membuat es krim mudah yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah.

Cara Membuat Es Krim Dengan Tanpa Mesin Es Krim Rasa Coklat Dan Stroberi

Kata siapa membuat es krim harus menggunakan mesin yang canggih? Kamu juga bisa bikin es krim dengan cara yang sederhana. Siapkan bahan-bahan di bawah ini dulu, yuk!

Bahan-bahan untuk membuat es krim coklat :

• 1 kaleng susu kental manis/bubuk rasa coklat
• 1 butir kuning telur
• 100 ml santan kental (bisa juga pakai santan Kara)
• 10 gram tepung maizena
• 1/2 bungkus agar-agar bubuk
• 1/2 sendok teh garam
• 1 liter air
• Topping sesuai selera (chocochip, saus coklat stroberi atau kacang almond)

Cara membuat es krim coklat :

• Siapkan semua bahan bahan di atas.
• Aduk semua bahan menjadi satu, lalu rebus campuran tersebut hingga mendidih
• Angkat dan diamkan beberapa menit hingga campuran dingin
• Aduk dengan mixer kecepatan tinggi sampai halus dan mengental
• Tuangkan adonan ke dalam wadah
• Masukkan ke dalam freezer hingga beku, biasanya 3 – 4 jam.
• Sajikan, tambahkan topping sesuai selera.

Bahan – bahan es krim stroberi :

• 300 gram buah stroberi (150 gram cincang halus dan 150 gram diblender halus)
• 1/2 kaleng susu kental manis vanilla
• 150 gram whipped cream bubuk
• 350 ml air matang
• Toping saus stroberi atau coklat

Cara membuat es krim stroberi :

• Pertama, kocok whipped cream dengan 350 ml air hingga mengental.
• Simpan whipped cream yang sudah di kocok ke dalam kulkas selama 1 jam.
• Setelah itu, keluarkan whipped cream tadi dan campurkan dengan stroberi yang sudah diblender dan susu kental manis. Lalu kocok dengan mixer hingga merata.
• Kemudian masukkan buah stroberi yang dicincang, aduk rata dengan spatula.
• Masukkan adonan ke dalam wadah dan dinginkan ke dalam kulkas hingga beku.
• Es krim stoberi siap disajikan, tambahkan toping sesuai selera.

Cara Membuat Es Krim Goreng Crispy

Es krim goreng adalah salah satu camilan lezat yang sudah pasti menjadi favorit keluarga kamu. Rasanya yang unik, crispy di luar dan lembut di dalam bikin kamu nggak sabar mencicipinya. Daripada dibayangkan aja, mendingan yuk langsung bikin sendiri!

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat es krim goreng crispy :

• 6 lembar roti tawar kupas
• Es krim rasa coklat atau stroberi secukupnya
• Tepung panir atau tepung roti secukupnya
• 1 butir telur, kocok lepas
• Saus stroberi atau cokelat sesuai selera
• Minyak goreng

Cara membuat es krim goreng :

1. Letakkan es krim di bagian atas roti tawar, lalu bentuk roti tawar menjadi bulat. Lakukan hingga roti tawar habis.
2. Siapkan kocokan telur, dan tepung roti ke dalam wadah yang berbeda.
3. Kemudian, celupkan roti isi es krim ke dalam kocokan telur. Setelah itu, pindahkan ke wadah yang berisi tepung roti, gulingkan hingga menempel rata.
4. Simpan ke dalam freezer selama 20 menit hingga beku.
5. Setelah itu, goreng roti es krim yang sudah dibekukan tadi ke dalam wajan berisi minyak yang panas. Tidak perlu terlalu lama, cukup 5 menit saja. Lalu angkat dan tiriskan.
6. Lumuri es krim goreng dengan saus stroberi atau saus coklat sesuai selera.
7. Es krim goreng crispy siap disajikan.

Mudah sekali, kan? Siap mempraktekan es krim goreng crispy di rumah? Jangan lupa ajak keluarga juga untuk membuat es krim goreng bersama biar makin seru! Selanjutnya akan ada cara membuat es krim buah-buahan yang lezat….

Baca Juga : Membuat Usaha es Krim

Cara Membuat Es Krim Buah Naga Yang Lezat

Selain punya manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan, terutama untuk menjaga kesehatan jantung dan mengobati diabetes, buah naga juga sangat lezat apabila diolah menjadi es krim. Bagaimana cara membuat es krim buah naga yang lezat tanpa mesin?

Bahan – bahan untuk membuat es krim buah naga :

• 500 gram buah naga merah (1 buah)
• 60 ml susu kental manis vanila
• 70 gram gula pasir
• 27 gram susu bubuk full cream
• 1/2 sendok teh garam
• 1 sendok teh SP (pelembut kue)
• 30 gram tepung maizena
• 250 ml air matang

Cara membuat es krim buah naga :

1. Campurkan air, gula pasir, susu bubuk, tepung maizena dan garam ke dalam panci. Aduk hingga merata. Lalu, masak sambil terus diaduk hingga mendidih. Dinginkan hingga uap panasnya menghilang.
2. Setelah dingin, aduk dengan mixer dan jangan lupa tambahkan susu kental manis. Lalu aduk lagi hingga mengental.
3. Kemudian, masukan adonan ke dalam freezer selama 2 jam atau hingga setengah beku. Sambil menunggu, haluskan daging buah naga dan sisihkan.
4. Keluarkan adonan dari freezer lalu aduk dengan mixer kecepatan tinggi, masukkan buah naga sedikit-sedikit dan SP sambil diaduk selama kurang lebih 20 menit atau hingga mengembang dan halus.
5. Tuang adonan es krim ke dalam wadah, lalu masukkan ke dalam freezer hingga beku.
6. Es krim buah naga siap disantap.

Cara Membuat Es Krim Oreo Sederhana

Kamu suka banget makan oreo, tapi bosen dimakan begitu aja? Mendingan bikin es krim oreo aja yuk, cara membuatnya cukup mudah lho…

Bahan – bahan untuk membuat es krim oreo :

• 150 ml susu murni cair
• 5 keping biskuit oreo
• susu kental manis putih 1 sachet
• 6 sdm mesis coklat
• 5 sdm chocolate chip
• 1 gelas es batu

Cara membuat es krim oreo :

1. Masukkan 150 ml susu murni cair, 1 sachet susu kental manis, 5 keping biskuit oreo dan 1 gelas es batu ke dalam blender, blender hingga halus.
2. Tuangkan ke dalam gelas campuran es krim yang sudah di blender.
3. Masukkan ke dalam freezer selama 2 – 3 jam hingga beku.
4. Tambahkan toping choco chip, mesis dan sisa biskuit oreo yang sudah dihancurkan ke dalam es krim oreo yang sudah beku.
5. Sajikan es krim oreo dan nikmati bersama teman atau keluargamu.

Sangat simple kan cara membuat es krim oreo? Yuk, dicoba!

Cara Membuat Es Krim Tiramisu

Kamu penikmat tiramisu? Coba bikin es krim tiramisu yang dijamin bikin kamu ketagihan deh!

Bahan es krim tiramisu :

• 1 bungkus bubuk es krim tiramisu yang siap pakai
• 1 sdm esens vanila
• 2 butir telur
• 100 ml air matang
• chocochip secukupnya
• dark chocolate secukupnya

Cara membuat es krim tiramisu :

1. Campurkan bubuk es krim tiramisu, 100 ml air matang dan 2 butir telur ke dalam wadah.
2. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi, lalu masukkan 1 sdm esens vanila. Kocok adonan hingga mengental.
3. Masukkan adonan ke dalam wadah, lalu dinginkan ke dalam frezeer hingga beku.
4. Sajikan es krim tiramisu yang sudah beku dengan topping chocochip, serbuk kopi dan serpihan dark chocolate.

Mudah bukan membuat es krim rasa tiramisu? Mulai sekarang kamu bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Lebih hemat lho! Demikian cara membuat es krim, dari semuanya mana yang jadi favoritmu? Jangan lupa share artikel ini ya!