Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Category: Gaya Hidup

Gaya Hidup

Cara Membuat Usaha Es Krim, Si Manis Favorit Semua Kalangan

Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar kata es krim? Tentunya manis, enak, dingin dan masih banyak lagi kata-kata yang pasti muncul ketika ditanya soal es krim. Ya, si manis ini memang sangat diminati semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Maka, nggak heran hingga saat ini banyak bermunculan usaha es krim. Makanan beku yang satu ini banyak dijual di warung, pedagang keliling, bahkan di restoran/kafe dengan berbagai macam bentuk, mulai dari es krim stik, cone ataupun cup hingga es krim unik.

Prospek Usaha Es Krim

Siapa sih yang tidak kenal dengan es krim? Kuliner dingin yang biasanya terbuat dari susu ini memang memiliki banyak penggemar dari semua kalangan. Sehingga, peluang memasarkan kuliner ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan produk asing yang belum dikenal banyak orang.

Jika kamu berminat untuk membuka usaha kuliner, nggak ada salahnya lho untuk mencoba usaha es krim rumahan. Kamu bisa membuat es krim sendiri dengan rasa yang lezat dan penyajian yang menarik ataupun menjadi reseller es krim yang sudah memiliki nama untuk dipasarkan di warung/kedai milikmu.

Peluang usaha/bisnis es krim sendiri tidak mengenal waktu, dari dulu hingga sekarang kuliner yang satu ini tetap ada dan memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Lantas, bagaimana cara membuat usaha es krim rumahan? Simak penjelasannya berikut ini ya…

Cara Membuat Usaha Es Krim Rumahan

Sebelum memulai usaha, ada baiknya kamu perhatikan hal – hal berikut ini yang berguna untuk kelangsungan usaha es krim kamu nantinya. Berikut tipsnya :

  • Tentukan target pasar. Hal ini sangat penting, karena penikmat es krim berasal dari semua kalangan. Anda harus mengolah es krim dengan cermat agar bisa memanfaatkan peluang yang satu ini.
  • Tentukan besarnya pengeluaran modal. Supaya tidak jauh melenceng dari yang sudah ditentukan, ada baiknya anda membuat analisa modal terlebih dulu untuk memulai usaha es krim ini.
  • Tentukan jenis es krim yang mau kamu jual. Banyak sekali jenis es krim yang dijual di pasaran, supaya usaha es krim kamu beda dari yang lain kamu harus menentukan rasa, bentuk, jenis es krim yang akan dijual. Biar punya keunikan tersendiri pastinya.

Selanjutnya, cara membuat usaha es krim rumahan bisa kamu simak disini :

  1. Investasi mesin es krim. Selain mudah digunakan, mesin es krim juga menjadi investasi jangka panjang kamu di bisnis ini karena bisa menghasilkan banyak es krim tentunya. Harga mesin es krim bervariasi tergantung dari kapasitas produksi yang dihasilkan.
  2. Menjadi reseller es krim yang sudah memiliki nama misalnya, juga bisa lho. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal mulai dari Rp 500.000 untuk membeli beberapa dus es krim. Nah, biasanya mesin/freezer es krim dipinjamkan dari supplier es krim tersebut.
  3. Mau membuat es krim yang unik? Bisa, kamu hanya perlu banyak praktek untuk membuat es krim yang lezat. Alat yang dibutuhkan juga sederhana, diantaranya mixer, freezer, wadah es krim, sendok es krim dan lain-lain.
  4. Terus berinovasi, supaya usaha es krim kamu berkembang dan menjadi favorit semua kalangan.

Contoh Usaha Es Krim Rumahan

Bukan hanya es krim stik, cone ataupun cup saja, tapi es krim juga bisa diolah menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan. Kini, banyak bermunculan olahan es krim yang menggiurkan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya.

  • Es Krim Goreng

Olahan es krim yang satu ini cukup hits lho di kalangan anak muda. Berbahan dasar roti yang diisi es krim berbagai rasa ini bisa jadi inspirasi usaha es krim rumahan kamu. Cara membuatnya pun cukup mudah dan dijual dengan harga yang relatif murah.

Baca juga : cara membuat es krim goreng

  • Es Krim Kuburan Mantan

Siapa sih yang nggak tahu dengan es krim kuburan mantan? Disebut seperti itu, karena es krim ini memang didesain menyerupai kuburan, lengkap dengan nisannya. Terdengar agak horor memang, tapi nyatanya es krim ini booming sekali dan menjadi favorit semua kalangan.

  • Es Krim Pot Bunga

Nah, satu lagi es krim yang menjadi fenomenal beberapa waktu lalu. Siapa lagi kalau bukan es krim pot? Sebenarnya bentuknya saja yang unik, karena es krim ini ditempatkan di sebuah pot dan toppingnya berasal dari jelly atau buah-buahan yang dibentuk seperti tanaman. Butuh keahlian khusus untuk menghias es krim ini, selebihnya kamu bisa menggunakan bahan es krim yang sudah jadi. Berminat untuk membuka usaha es krim pot bunga?

  • Pancake Es Krim

Untuk membuat olahan es krim ini, kamu harus bisa membuat pancakenya terlebih dulu. Jika sudah, tinggal hias dengan topping es krim sesuai selera. Makanan yang satu ini pas disajikan di kedai atau kafe. Jika kamu berniat membuka usaha kafe dengan berbagai olahan es krim, menu yang satu ini wajib ada ya!

  • Es Krim Durian

Pecinta buah durian? Nah, jangan melewatkan olahan dari durian yang satu ini ya. Apalagi kalau bukan es krim durian. Cara membuatnya cukup mudah dan modal yang dikeluarkan juga terjangkau. Dijamin, banyak yang suka deh!

Cara Membuat Es Krim Dengan Mesin Es Krim

Cara membuat es krim dengan mesin es krim terbilang lebih simple jika dibandingkan dengan membuat es krim manual (tanpa mesin). Selain itu, kamu juga dapat menghemat waktu dan dapat menghasilkan lebih banyak produksi.

Salah satu contoh yang kami ambil adalah membuat es krim cone dengan menggunakan mesin es krim. Berikut penjelasannya :

  1. Siapkan bahan es krim instan, wadah, dan mixer.
  2. Masukan 1 kilogram bubuk es krim dan tambahan 3 kilogram air matang ke dalam wadah.
  3.  Lalu, campur bahan-bahan tersebut dengan telur untuk kemudian diaduk dengan mixer hingga merata.
  4. Diamkan beberapa saat, sebelum dimasukan ke dalam mesin es krim cone.
  5. Kini es krim cone sudah bisa kamu nikmati. Selamat mencoba ya!

Sementara itu, ada dua jenis bahan dasar untuk membuat es krim di antaranya :

  1. Bahan bubuk atau powder. Sebelum memproduksi es krim dari bahan ini kamu harus menambahkan air terlebih dulu. Bubuk es krim dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa merubah kualitas produk.
  2. Bahan cair. Pastikan selalu simpan bahan ini pada suhu dibawah tiga derajat Celcius. Kekurangan dari bahan jenis ini hanya memiliki jangka waktu simpan yang terbilang singkat, yaitu 5-7 hari saja. Oleh karena itu, sebaiknya simpan bahan sisa produksi anda di freezer -26 derajat Celcius untuk menghindari perkembangan bakteri di susu.

Sudah tau kan karakterisitik bahan dasar es krim dan cara membuat es krim dengan mesin es krim? Semoga bisa membantu kamu yang ingin memulai usaha es krim ini ya.

Demikian informasi dan tips seputar usaha es krim. Jangan lupa share artikel ini dan semoga menginspirasi kamu terus ya! Selamat mencoba!

Gaya Hidup

Cara Mendapatkan Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Salah satu cara untuk mengembangkan usaha rakyat mikro kecil, menengah dan koperasi adalah dengan memberikan pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat. Sejak tahun 2007, pemerintah sudah meluncurkan program tersebut. Selain memberikan fasilitas penjaminan kredit melalui PT. Askrindo dan Perum Sarana Pembangunan Usaha, pemerintah juga menjalin kerjasama dengan Bank untuk menyediakan jasa KUR ini. Di antaranya, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Bukopin, Bank BTN, dan Bank Syariah Mandiri.

Pengertian Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat adalah layanan kredit atau pembiayaan dari pemerintah melalui perbankan yang ditujukan untuk pelaku UMKMK atau Koperasi yang feasible namun belum bankable. Maksud feasible disini adalah usaha tersebut memiliki kelayakan dan prospek bisnis yang baik serta mempunyai kemampuan untuk mengembalikan pinjaman. Usaha rakyat yang menggunakan KUR diantaranya usaha yang bergerak di bidang industri, pertanian, koperasi, perikanan dan masih banyak lagi.

Lantas, sebenarnya apa sih manfaat dan tujuan dari Kredit Usaha Rakyat itu sendiri? Simak penjelasannya dibawah ini ya.

Tujuan dan Manfaat Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat bertujuan untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK), menciptakan lapangan pekerjaan, dan membantu mengurangi angka kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah menerbitkan Paket Kebijakan yang bertujuan meningkatkan Sektor Riil dan memberdayakan UMKMK yang meliputi :

  1. Peningkatan akses pada sumber pembiayaan
  2. Pengembangan kewirausahawan
  3. Peningkatan pasar produk UMKMK
  4. Reformasi regulasi UMKMK

Nah, jika sudah mengetahui tujuan dan manfaat dari Kredit Usaha Rakyat selanjutnya adalah bagaimana cara mengajukan kredit usaha rakyat melalui perbankan? Apakah bisa mengajukan kredit usaha rakyat tanpa agunan lewat perbankan di bawah ini? Simak ulasannya berikut ya.

Cara Mengajukan Kredit Usaha Rakyat BNI

Bukan hanya calon debitur dari pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saja yang bisa mengajukan KUR di BNI namun juga anggota keluarga karyawan/karyawati berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan TKI yang purna dari bekerja di luar negeri.

Untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat di BNI terbilang mudah, cepat dan memiliki jangka waktu pengembalian hingga 5 tahun. Selain untuk modal usaha, KUR di BNI juga bisa untuk kredit investasi. Berikut ini beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk mengajukan kredit usaha rakyat BNI :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Identitas berupa Surat Legalitas Usaha dari kelurahan setempat
  3. Fotokopi Kartu Keluarga, KTP pasangan dan surat nikah
  4. Pas Foto terbaru

Dengan begitu, anda baru bisa mengajukan KUR BNI yang terdiri dari KUR Mikro, Ritel dan TKI. Adapun alokasi dana untuk KUR Mikro dan KUR TKI hingga Rp 25 Jt dengan jangka waktu pengembalian hingga 3 tahun. Sementara itu, untuk KUR Ritel sendiri BNI menyediakan alokasi dana hingga Rp 500 Jt dengan jangka waktu pengembalian hingga 5 tahun. Informasi selengkapnya bisa anda lihat disini.

Cara Mengajukan Kredit Usaha Rakyat BRI

Bank BRI juga menjadi salah satu bank yang menyediakan program kredit usaha rakyat untuk membantu pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Masyarakat dapat mengajukan pinjaman melalui program ini dengan dana pinjaman mulai dari Rp 1 Juta hingga Rp 25 Juta.

Berikut ini persyaratan mengajukan kredit usaha rakyat Bank BRI :

  1. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  2. Fotokopi surat nikah dan Kartu Keluarga
  3. Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan/RT RW setempat
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk

Pembiayaaan KUR Bank BRI terdiri dari :

  • KUR Bank BRI terdiri dari KUR Mikro, KUR TKI, dan KUR Ritel
  • KUR Mikro adalah Kredit Modal Kerja (KMK) atau Investasi dengan dana hingga Rp. 25 Juta per debitur.
  • KUR Ritel adalah Kredit Modal Kerja atau Investasi kepada debitur yang memiliki usaha yang layak, hingga Rp 500 Juta per debitur.
  • KUR TKI Bank BRI diberikan untuk membiayai perjalanan calon TKI ke negara penempatan dengan dana pinjaman hingga Rp. 25 Juta.
  • Sektor usaha dibiayai sesuai ketentuan dari pemerintah.

Jangka waktu pinjaman KUR di Bank BRI adalah hingga 5 tahun. Pengajuan pinjaman bisa dilakukan di kantor cabang BRI terdekat di wilayah anda dan tentunya dari Senin – Jumat.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Modal Usaha 

Cara Mengajukan Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri

UMKM anda butuh modal? Lewat program Kredit Usaha Rakyat di Bank Mandiri ini bisa menjadi solusi untuk menjalankan usaha anda. Namun, sebelum mengajukan KUR di Bank Mandiri anda harus memperhatikan hal berikut ini terlebih dulu :

  1. Pastikan anda tidak sedang menerima kredit dari pemerintah ataupun perbankan lain.
  2. Anda juga tidak sedang mengajukan kredit konsumtif, berupa kredit motor, BPKB, kartu kredit dan kredit konsumtif lainnya. Jika masih ada, selesaikan terlebih dulu kredit konsumtif tersebut.

Jika kedua hal tersebut sudah anda penuhi, selanjutnya adalah memenuhi persyaratan administratif sebagai berikut ini :

  1. Fotokopi KTP pribadi dan pasangan
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Dokumen legalitas usaha seperti NPWP, SIUP, SKDU
  4. Fotokopi rekening tabungan/giro selama 6 bulan terakhir

Jika sudah memenuhi persyaratan administratif diatas, anda bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat di Bank Mandiri. Perlu diketahui juga, bahwa limit kredit individu (KUR Langsung) maksimal Rp 500 Juta. Sementara untuk KUR tidak langsung dibagi menjadi dua bagian :

  • Pola Excuting : maksimal Rp. 2 Milyar per lembaga linkage dan maksimal per Rp. 100 Juta per end user.
  • Pola Channeling : nah, kalau yang ini sesuai daftar nominatif end user dengan limit kredit per end user hingga Rp. 500 Juta.

Sementara itu, untuk jenis kredit adalah untuk investasi dan modal kerja. Jangka waktu pinjaman sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai KUR anda bisa mengunjungi Bank Mandiri terdekat.

Bisakah Mengajukan Kredit Usaha Rakyat Tanpa Agunan?

Sejak tahun 2015 lalu, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM telah meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa mewajibkan pelaku usaha tersebut untuk menyertakan jaminan. Dengan adanya peraturan baru ini, masyarakat memiliki kesempatan untuk mendapatkan kredit hingga Rp 25 Juta tanpa agunan.

Namun, meskipun sudah ada peraturan pemerintah sendiri nyatanya kredit usaha rakyat tanpa agunan masih perlu penilaian dari pihak bank atas usaha atau bisnis yang sedang dijalankan. Jadi, jika penilaian dari bank kurang meyakinkan, maka pihak bank akan menetapkan agunan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berdasarkan Permenko Nomor 8 tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat, tepatnya pada pasal 10 menyatakan bahwa agunan pokok KUR adalah usaha atau objek yang dibiayai oleh KUR. Dengan kata lain, anda harus memiliki usaha yang berjalan karena itulah yang menjadi agunan/jaminan sebenarnya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Kredit Usaha Rakyat. Jika anda ingin mengembangkan usaha namun tidak memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat lewat beberapa bank di atas.

Semoga dapat membantu dan memberikan inspirasi bagi anda yang membacanya. Jangan lupa share artikel ini ya!

Gaya Hidup

Cara Belanja Online Yang Aman dan Mudah. Mau Tahu?

Cara belanja online – Dulu, kalau mau berbelanja kita harus keluar rumah, mendatangi pasar swalayan ataupun mall. Namun, semakin berkembangnya teknologi hal itu tidak perlu lagi anda lakukan. E-commerce atau situs jual beli sudah menjamur di Indonesia dan berbelanja pun bisa dilakukan secara online. Anda bisa membeli kebutuhan sehari-hari hanya dengan sekali klik dan melakukan pembayaran via transfer.

Tetapi,  anda harus cermat dalam memilih penjual/toko online, karena banyak oknum nakal yang melakukan hanya demi kepentingan pribadinya semata. Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi cara belanja online yang aman dan mudah agar anda tetap nyaman bertransaksi. Simak tipsnya dibawah ini yaaa…

Cara Belanja Online Yang Aman

  • Pasang Anti-Virus di Laptop/PC Anda 

Ingin tetap aman saat berbelanja online? Sebaiknya pasang anti-virus di laptop atau PC anda untuk mencegah virus malware, spyware, ataupun spam. Hal ini bertujuan untuk menjaga kerahasiaan saat anda menginput informasi kartu kredit atau kartu debit. Jangan lupa selalu update anti-virus ke versi terbaru.

  • Pilih Toko Online/Penjual Yang Memiliki Reputasi Baik

Lewat situs e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak anda bisa memilih penjual atau toko online yang memiliki reputasi yang baik. Karena mereka memiliki ulasan/review dari pembeli yang pernah membeli barang di toko online tersebut. Disini anda bisa tahu kualitas produk dan bagaimana pelayanan dari si penjual toko online. Tentu hal ini sangat membantu anda ketika ingin membeli barang lewat e-commerce.

  • Jangan Melakukan Transaksi Lewat Komputer Bersama

Selalu gunakan komputer pribadi untuk melakukan transaksi online anda. Hal ini bertujuan untuk menjaga kerahasiaan informasi finansial kamu. Intinya, jangan pernah melakukan transaksi online di komputer milik bersama.

  • Gunakan Password Yang Berbeda

Banyak orang yang menggunakan password sama untuk semua akun, sebaiknya hal ini mulai dihindari ya. Selalu gunakan password yang unik dan berbeda saat kamu membuat akun e-commerce dan setiap melakukan transaksi supaya lebih aman pastinya.

  • Simpan Bukti Transaksi Anda 

Setelah melakukan transaksi baik via e-commerce ataupun online shop selalu simpan bukti transaksi anda. Tentunya untuk menjaga keamanan barang anda, jika terjadi sesuatu dengan pesanan anda bisa meminta tanggung jawab si penjual.

Cara Belanja Online Di Tokopedia

Siapa yang tidak kenal situs jual beli Tokopedia? Pasti anda juga pernah berbelanja lewat e-commerce yang satu ini. Cara belanja online shop di Tokopedia juga sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka aplikasi Tokopedia dari Smartphone anda, jika belum punya download melalui Google Play Store/App Store.
  2. Cari produk yang anda inginkan lewat kolom pencarian produk atau Hot List.
  3. Selanjutnya pilih produk dan klik “Beli”.
  4. Kemudian, isi formulir pesanan dan klik “beli produk ini”.
  5. Periksa kembali pesanan, lalu pilih “Metode Pembayaran” yang diinginkan.
  6. Selanjutnya klik “Bayar Sekarang”.
  7. Total pembayaran ditambah dengan kode unik/kode transfer. Kode unik ini berfungsi untuk memudahkan proses verifikasi.
  8. Lakukan pembayaran dan jika sudah lakukan “Konfirmasi Pembayaran”.
  9. Tunggu pesanan anda dikirim dan jika sudah sampai lakukan “Konfirmasi Pesanan”.
  10. Jangan lupa berikan ulasan/review jika pesanan anda sudah sampai.

Nah, mudah kan cara belanja online di Tokopedia? Selamat mencoba ya!

Cara Belanja Online Di Bukalapak

Selain Tokopedia, Bukalapak juga menjadi e-commerce yang sangat diminati masyarakat. Selain menyediakan Pelapak yang menjual berbagai macam produk, banyak penawaran menarik yang ditawarkan oleh Pelapak tersebut.

Berikut cara belanja online yang aman di Bukalapak :

  1. Cari produk yang anda inginkan di kolom ‘search’ atau kategori.
  2. Teliti dalam memilih produk, carilah Pelapak yang memiliki reputasi baik.
  3. Kemudian pilih barang yang kamu inginnkan dan klik “beli”.
  4. Isilah alamat lengkap di kolom “shopping review”.
  5. Selanjutnya pilih “metode pembayaran”, anda bisa melakukan transaksi via Transfer Bank, BukaDompet, Mandiri ClickPay, BCA KlikPlay, CIMB Clicks, Kartu Visa/MasterCard atau lewat gerai Indomaret.
  6. Lakukan pembayaran ke rekening Bukalapak dan tunggu verifikasi pembayaran otomatis yang akan dikirim ke email anda.
  7. Pesanan anda akan dikirim, jika sudah diterima klik “Konfirmasi Terima Barang” di halaman “Detail Transaksi”.

Itulah tips cara belanja online yang aman di Bukalapak. Mudah, kan? Selamat mencoba dan ingat selalu untuk tetap teliti dalam memilih Pelapak ya!

Cara Belanja Online Di LAZADA

Lazada adalah salah satu situs belanja online yang menawarkan berbagai macam produk, mulai dari fashion, elektronik, produk kecantikan hingga mainan anak. LAZADA mulai hadir di Indonesia sejak tahun 2012 dan merupakan cabang retail online LAZADA di Asia Tenggara.

Berikut ini beberapa langkah mudah berbelanja di LAZADA :

  1. Buka website lazada.co.id atau aplikasi LAZADA di smartphone anda.
  2. Cari produk yang anda inginkan di kolom pencarian, kategori, atau sub-kategori.
  3. Kemudian klik produk yang anda inginkan, periksa informasi yang diberikan dengan teliti.
  4. Informasi meliputi ketersediaan produk dan estimasi pengiriman juga lokasi penjual.
  5. Jika sudah mantap untuk membeli, klik “Beli Sekarang” untuk bisa diproses.
  6. Selanjutnya konfirmasi keranjang belanja anda. Pilih Tutup dan Lanjutkan Belanja atau Lanjutkan ke Pembayaran.
  7. Masukan alamat email anda untuk menerima informasi order kemudian klik lanjutkan.
  8. Isi data diri lengkap, alamat dan no hp di formulir pesanan anda lalu klik lanjutkan.
  9. Pilih metode pembayaran, kemudian klik konfirmasi pesanan.
  10. Catat kode pesanan anda untuk melakukan pembayaran. Jika sudah melakukan pembayaran, selanjutnya anda akan menerima verifikasi melalui email dan informasi pengiriman barang anda.
  11. Nah, sekarang tinggal tunggu pesanan anda sampai ke alamat yang dituju.

Kelebihan LAZADA dibandingkan e-commerce lainnya, yaitu LAZADA menyediakan jasa COD atau Cash On Delivery untuk beberapa produknya. Sehingga lebih aman ketika anda melakukan transaksi online di LAZADA.

Cara Belanja Online Luar Negeri

Sudah pernah berbelanja online lewat situs e-commerce luar negeri? Atau bahkan belum tahu cara berbelanja online luar negeri? Sebenarnya caranya hampir sama saat kita berbelanja online di Tokopedia, Bukalapak ataupun LAZADA. Tapi, proses pengiriman dan cara bayarnya saja yang sedikit ribet.

Sebagai contoh, kami akan memberikan cara belanja online yang aman lewat situs e-commerce luar negeri TinyDeal.com :

  1. Log in di www.tinydeal.com kemudian pilih barang yang anda inginkan.
  2. Jika sudah klik “Add to Chart”
  3. Anda akan masuk ke “Shopping Chart” yang akan memberikan informasi mengenai ongkos kirim, total pembayaran anda.
  4. Selanjutnya, klik “Check Out” untuk masuk ke metode pembayaran.
  5. Pilih metode pembayaran, diantaranya Visa/MasterCard, Wester Union, atau PayPal. Lalu isi alamat pengiriman yang lengkap.
  6. Lalu klik tombol “Continue” dan lakukan pembayaran. Jika sudah, maka pesanan kamu akan dikirimkan.

Gimana, mudah kan cara belanja online lewat situs e-commerce luar negeri? Barang yang ditawarkan situs e-commerce luar negeri biasanya lebih lengkap dan harganya jauh lebih murah dibandingkan disini. Nah, semoga membantu ya!

Cara Belanja Online Aman Dengan Kartu Kredit

Anda suka berbelanja online menggunakan kartu kredit? Belanja online dengan kartu kredit memang lebih simple, hanya perlu gadget dan koneksi internet saja. Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran. Tapi, bagaimana dengan keamanannya?

Berikut cara belanja online yang aman dengan kartu kredit. Simak tipsnya di bawah ini ya :

  •  Hanya gunakan kartu kredit di situs e-commerce terpercaya.
  • Gunakan anti-virus untuk melindungi komputer/laptop anda.
  • Pastikan anda mengetik alamat URL e-commerce dengan benar.
  • Hindari transaksi lewat komputer bersama ataupun di tempat umum.
  • Cetak transaksi kartu kredit setelah melakukan pembayaran.
  • Pilih kartu kredit dengan pelayanan nasabah yang berkualitas.
  • Jangan masukan sembarang informasi kartu kredit anda, biasanya situs e-commerce hanya membutuhkan info nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa kartu dan kode keamanan (biasanya tiga sampai empat digit).
  • Jangan simpan informasi kartu kredit di situs e-commerce, cukup diingat saja.

Itulah beberapa tips menggunakan kartu kredit untuk berbelanja online. Intinya, simpan kerahasiaan informasi kartu kredit anda demi keamanan bertransaksi.

Demikan informasi dan tips cara belanja online yang aman. Jangan lupa share artikel ini ya! Semoga bermanfaat.

 

Gaya Hidup

Kumpulan Cara Mendapatkan Modal Usaha Yang Mudah

Kumpulan cara mendapatkan modal usaha – Mempunyai usaha sendiri kini banyak diminati masyarakat, tapi membuka usaha ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan sendiri. Selain butuh tekad yang kuat, modal juga sangat mempengaruhi kelangsungan usaha tersebut. Lantas, bagaimana jika anda ingin membuka usaha tapi modalnya masih belum cukup? Tenang, kami akan memberikan kumpulan cara mendapatkan modal usaha yang mudah dan bisa membantu mengembangkan usaha anda.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah

Sebenarnya, banyak cara jika anda ingin membuka usaha sendiri. Salah satunya dengan mendapatkan modal usaha dari pemerintah. Banyak program yang diselenggarakan pemerintah khususnya untuk mengembangkan UKM atau Usaha Kecil Menengah. Diantaranya, dengan memberikan modal baik dengan sistem pinjaman lunak maupun hibah.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah? Berikut tipsnya :

  • Membuat Proposal Usaha Yang Menarik

Jika ide usaha anda ingin ‘dilirik’ oleh pemerintah, tentunya persiapan yang anda miliki harus matang. Salah satunya dengan membuat proposal usaha yang menarik. Setelah itu, baru anda bisa mengajukan proposal usaha anda ke lembaga-lembaga pemerintahan seperti dinas perindustrian dan perdagangan ataupun dinas kementrian koperasi dan UKM. Anda juga bisa berkunjung langsung ke kantor instansi pemerintahan untuk menanyakan langsung apakah tersedia dana pinjaman yang cocok untuk modal usaha anda.

  • Membuka Website Resmi Pemerintahan 

Jika anda rajin-rajin membuka website resmi pemerintahan yang berkaitan dengan usaha tentunya anda bisa mendapatkan informasi mengenai pinjaman usaha yang disediakan oleh pemerintah. Misalnya website kemenperin.go.id dari dinas perindustrian dan perdagangan atau website depkop.go.id milik dinas kementrian koperasi dan UKM.

  • Mengikuti Pameran UKM Yang Diadakan Pemerintah

Anda juga bisa mulai aktif mengikuti pameran UKM yang diadakan pemerintah minimal setahun sekali. Lewat event ini, anda bisa berkesempatan mendapatkan modal usaha dari pemerintah. Caranya dengan memperkenalkan produk kepada pejabat daerah yang datang ke stand pameran anda. Jangan lupa, siapkan juga proposal usaha anda. Dengan begitu, siapa tahu pejabat daerah yang datang ke acara tersebut tertarik memberikan modal usaha untuk anda.

  • Mengajukan Kredit Usaha Rakyat atau KUR

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu program pemerintah bekerjasama dengan Bank tertentu untuk memberikan pembiayaan kepada usaha anda yang feasible namun belum memiliki agunan sesuai persyaratan dari Bank. Adapun Bank yang menyediakan program ini, diantaranya BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, Bank Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri.

Cara Mendapatkan Dana Hibah Untuk Modal Usaha

Beberapa orang mungkin masih belum tahu bagaimana mendapatkan dana hibah gratis untuk modal usaha mereka. Padahal, banyak lembaga-lembaga yang memberikan dana hibah secara cuma-cuma kepada pelaku UKM. Caranya, cukup membuat dan mengajukan proposal usaha ke lembaga tersebut.

Lantas, lembaga apa saja yang menyediakan dana hibah gratis kepada pelaku UKM di Indonesia? Berikut listnya :

  • BAZIS DKI Jakarta

Jika kita mendengar kata BAZIS tentu yang terlintas di pikiran adalah lembaga amil zakat infak dan shodaqoh yang hanya menyalurkan dana zakat dari masyarakat kepada kalangan fakir miskin. Tapi, ternyata bukan hanya itu saja lho, karena lembaga ini juga memberikan modal usaha bergulir kepada masyarakat menengah ke bawah yang tidak memiliki modal usaha yang cukup. Selain itu, lembaga ini juga memberikan dana zakat kepada guru ngaji dan anak yatim. Tak lupa juga, membantu pembangunan sarana kesehatan dan ibadah.  Jika anda ingin mengajukan proposal usaha anda, langsung saja kunjungi kantor pusat BAZIS yang berlokasi di Gedung LBIQ, Jl. KH Mas Mansyur Gang H. Awaludin II, Jakarta 10230.

  • The Asia Foundation

Lembaga yang satu ini berlokasi di Jl. Dharmawangsa Raya No. 50 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Jika anda membutuhkan uang untuk modal usaha, anda bisa langsung menghubungi lembaga tersebut di 021 7261860 atau email ke general@tafindo.org. Lembaga ini memberikan modal usaha gratis ke pelaku UKM sebagai wujud pemberdayaan masyarakat miskin.

  • Dompet Dhuafa Republika

Siapa yang tidak mengenal lembaga amal yang satu ini? Selain memberikan bantuan zakat, infak dan shodaqoh kepada fakir miskin dan yatim piatu, lembaga ini juga memberikan modal usaha atau dana hibah gratis kepada masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa mengakses website www.dompetdhuafa.org.

Itulah beberapa lembaga yang menyediakan dana hibah gratis untuk modal usaha, selain ketiga lembaga tersebut juga masih ada BORDA, The Ford Foundation, dan CIDA.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan

Tidak ada hal yang mustahil di dunia ini, termasuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan. Kini, banyak lembaga atau badan usaha yang menyediakan program memberikan modal usaha tanpa agunan/jaminan kepada calon pengusaha kecil menengah.

Berikut ini lembaga atau badan usaha yang menyediakan modal usaha tanpa jaminan :

  • Bank 

Dulu, mungkin sulit meminjam dana ke bank tapi kini banyak bank yang menyediakan program modal usaha tanpa agunan/jaminan yang sesuai dengan kemampuan si calon pengusaha. Jangan lupa, perhatikan suku bunga yang dibebankan kepada kita, baiknya ambil jangka waktu pinjaman yang tidak terlalu lama.

  • Koperasi Komunitas Usaha

Biasanya suatu komunitas usaha memiliki koperasi internal yang dikhususkan untuk membantu para anggotanya. Tentu hal ini bisa dimanfaatkan jika anda tergabung dalam komunitas tersebut dan ingin meminjam modal usaha tanpa jaminan.

  • Lembaga Pemerintah  

Cari informasi sebanyak-banyaknya seputar pinjaman usaha dari pemerintah. Biasanya ada sejumlah dana yang dikhususkan untuk membantu pengusaha memperkuat modal mereka secara berkala. Dengan angka yang relatif kecil, biasanya jaminan ini hanya menggunakan KTP dan KK anda. Anda bisa mencari informasi di kelurahan/desa setempat.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis

Memiliki ide usaha yang brilian tapi kepentok dengan modal? Jangan menyerah dulu, anda sudah coba belum untuk mendapatkan modal usaha secara gratis? Tentu, sekilas terdengar mustahil, mana ada yang gratis di dunia ini. Tapi, jika anda bisa melihat peluang tentu tidak menutup kemungkinan anda bisa mendapatkan modal usaha gratis.

Lantas, apa saja jalan yang bisa anda tempuh untuk mendapatkan modal usaha secara gratis? Simak selengkapnya disini :

  • Patungan atau Joint Venture 

Jika anda memiliki kerabat, teman atau rekan bisnis yang memiliki visi misi yang sama, tidak ada salahnya jika mendirikan usaha bersama dengan cara patungan modal atau joint venture. Tentunya, menjadi lebih ringan karena modal usaha dibagi sama rata. Semua keuntungan dan kerugian dalam usaha menjadi tanggung jawab bersama, dengan catatan anda harus membuat perjanjian/kontrak yang jelas jikalau terjadi konflik di masa mendatang.

  • Franchise atau Waralaba

Saat ini bidang usaha yang menjalankan sistem franchise atau waralaba sedang diminati masyarakat. Tidak ada salahnya jika anda ikutan mencoba. Usaha yang dijalankan oleh dua pihak, yaitu pemilik usaha dan pelaku usaha ini sangat membantu anda yang ingin menjalankan usaha. Anda tidak perlu repot menyediakan fasilitas usaha, karena sudah disediakan oleh pemilik usaha. Tugas anda hanya tinggal menjalankan usahanya saja (sebagai mitra). Soal pembagian untung biasanya didiskusikan dulu dan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

  • Mencari Program Bantuan

Buatlah proposal usaha anda dan carilah bantuan dari instansi atau perusahaan sebagai bentuk pengabdian masyarakat mereka. Biasanya perusahaan tingkat nasional membuka program pembinaan usaha kecil dan menengah dan anda bisa mendaftarkan usaha anda melalui program tersebut. Jika ide usaha anda disetujui, tentu mereka akan mengucurkan dana sebagai bantuan modal usaha anda dengan bunga yang ringan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Dalam menjalankan usaha, tentu kita ingin terbebas dari hutang ataupun riba. Lantas, bagaimana cara mendapatkan modal usaha tanpa riba? Berikut tipsnya :

  • Menjual Aset Yang Kita Miliki

Cara yang paling mudah mendapatkan modal usaha tanpa riba adalah dengan menjual aset atau barang berharga yang anda miliki. Misalnya, kendaraan, perhiasan ataupun rumah sehingga bisa mendapatkan modal usaha. Tentu, hal ini harus dipertimbangkan secara matang terlebih dahulu agar nantinya tidak menyulitkan anda dalam menjalankan usaha.

  • Meminjam Kepada Keluarga

Kedua, anda bisa meminjam sejumlah uang kepada keluarga. Kenapa? Karena meminjam uang tanpa riba lebih besar peluangnya jika kita meminjamnya kepada keluarga. Kepercayaan keluarga biasanya lebih tinggi dibandingkan orang lain.

  • Menjadi Reseller/Dropshipper

Nah, banyak usaha khususnya di bidang online shop yang menjalankan sistem reseller. Disamping modal yang anda keluarkan lebih terjangkau, tentunya ini akan menjauhkan anda dari riba. Anda juga tidak perlu repot stok barang terlalu banyak di rumah, karena sistemnya dilakukan secara online.

Itulah ketiga cara mendapatkan modal usaha tanpa riba, semoga membantu ya!

Baca juga : Cara Memulai Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga 

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM

Banyak program yang ditawarkan oleh Kementrian Koperasi dan UKM untuk membantu calon pengusaha, diantaranya dengan memberikan bantuan modal usaha. Berikut ini persyaratan yang bisa anda ajukan kepada Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia, Kementerian Koperasi dan UKM untuk permohonan usaha anda :

  1. Individu yang memiliki potensi mengembangkan usaha
  2. Memiliki alamat usaha yang jelas, serta terdaftar di Kelurahan/RT/RW setempat
  3. Mempunyai NPWP atas nama calon pengusaha yang masih aktif
  4. Memiliki KTP, rekening tabungan yang masih berlaku
  5. Nomor telepon yang dapat dihubungi
  6. Proposal usaha yang menarik

Adapun proposal usaha yang anda buat harus meliputi :

  • Judul, latar belakang pengembangan usaha yang jelas
  • Tujuan dan sasaran pengembangan usaha
  • Analisa pasar dan resiko usaha
  • Rincian kebutuhan modal usaha
  • Perhitungan rugi laba
  • Dokumentasi berupa foto-foto usaha yang saat ini sedang dijalankan
  • Dan lain-lain yang perlu disampaikan

Itulah persyaratan yang harus anda penuhi. Selanjutnya, anda bisa mengajukan proposal dengan mengirimkan ke alamat Kementrian Koperasi dan UKM yang ada di Jl. HR Rasuna Said Kv 3-4 Kuningan Jakarta 12940 yang ditujukan untuk Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia, Kementerian Koperasi dan UKM.

Setelah itu, proposal anda akan diseleksi dan jika lolos persyaratan akan dihubungi untuk mengikuti pembekalan kewirausahaan dan diseleksi kembali sebagai peserta program bantuan dana bagi pengembangan wirausaha pemula kepada Deputi Bidang Pembiayaan.

Nah, itulah kumpulan cara mendapatkan modal usaha dari berbagai sumber. Semoga dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat khususnya bagi anda yang ingin menjalankan usaha. Jangan lupa, share artikel ini ya!

 

 

Gaya Hidup

Cara Memulai Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga memang sudah kodratnya seorang wanita, mulai dari mengurus anak, suami hingga pekerjaan rumah. Namun, bukan berarti tidak bisa berpenghasilan dari rumah. Oleh karena itu, bagaimana cara memulai usaha untuk ibu rumah tangga akan kami bahas selengkapnya lewat artikel ini. Tapi, sebelum itu kita harus mengerti dulu apa itu sebenarnya usaha atau bisnis. Sehingga, ibu rumah tangga bisa menjalankan usaha atau bisnisnya dengan lancar.

Pengertian Usaha Atau Bisnis

Apa itu usaha atau bisnis? Usaha atau bisnis adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan berupa uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta mencapai kesuksesan dalam hidup. Tentunya usaha harus dilakukan secara terus-menerus agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara memulai usaha sendiri bukanlah sesuatu yang mudah, tapi juga tidak sulit. Selain modal untuk usaha, asalkan memiliki tekad yang kuat kita pasti bisa sukses dalam usaha atau bisnis di bidang apapun.

Usaha atau bisnis bisa dijalankan oleh siapa saja, tak terkecuali untuk ibu rumah tangga. Selanjutnya, kami akan membahas prospek atau peluang usaha yang bisa dilakukan untuk ibu rumah tangga.

Prospek Ibu Rumah Tangga Sukses Berbisnis

Banyak prospek atau peluang usaha yang bisa dilakukan di rumah. Tentunya usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga, sehingga tetap bisa mengurus anak dan suami di rumah tanpa perlu repot meninggalkan mereka.

Berikut ini 3 peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan dan bisa menjadi pilihan usaha Anda :

  • Membuka usaha/bisnis online shop

Bisnis online shop kini semakin menjamur, mulai dari baju hingga barang-barang yang unik dijual melalui online tanpa tatap muka. Bisnis ini juga diminati masyarakat, terlebih ibu rumah tangga. Selain modalnya cukup terjangkau, bisnis online shop bisa Anda lakukan tanpa harus stok barang atau istilah kerennya menjadi dropshipper. Dengan menjadi reseller online shop, Anda juga harus teliti memilih supplier atau penyedia barang dagangan sehingga bisnis Anda bisa berjalan lancar. Carilah supplier yang terpercaya. Kedua, dalam mempromosikan online shop juga sangat mudah yakni hanya bermodalkan sosial media, kuota internet dan gadget. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual. Mudah kan?

  • Membuat kerajinan tangan

Suka merajut, membuat bros, gantungan kunci atau kerajinan tangan lainnya? Manfaatkan keahlian Anda ini untuk mendapatkan penghasilan. Selain bermodalkan keahlian, membuat kerajinan tangan juga memiliki modal yang sangat terjangkau dan bahan – bahan yang mudah didapatkan. Prospek usaha ini sangatlah menjanjikan, tentunya jika Anda terus berinovasi, kreatif dan memiliki keunikan tersendiri.

Baca juga : cara membuat tas dari tali kur

  • Membuka usaha jasa katering

Jika Anda ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak dan keahlian lebih di bidang tersebut, buka usaha jasa katering bisa menjadi pilihan usaha Anda lho. Anda bisa memulainya dengan menerima pesanan dari orang terdekat seperti keluarga, kerabat, saudara, dan tetangga. Selain kerabat dekat, Anda bisa mendapatkan pesanan dari kantor-kantor yang biasanya memiliki jangka waktu yang lama.

Itulah 3 usaha yang cukup menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Anda ingin mencoba yang mana? Atau anda memiliki ide berbisnis lain?

Cara Memulai Usaha Dagang Makanan

Salah satu cara memulai usaha kecil adalah dengan menjual makanan. Bisnis kuliner sangat diminati masyarakat dan cocok untuk ibu rumah tangga. Untuk memulai bisnis ini diperlukan tekad yang kuat, kreatifitas serta inovasi.

Berikut cara memulai usaha dagang makanan/kuliner yang harus Anda perhatikan agar bisnis bisa berjalan lancar :

  1. Tentukan target pasar secara spesifik, mulai dari usia, pekerjaan, penghasilan, gaya hidup dan sebagainya. Setelah menentukan target pasar, Anda bisa memulai strategi apa yang akan dilakukan selanjutnya. Misalnya jika kita ingin membuka usaha makanan di kampus misalnya, tentu makanan yang kita jual harus memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, lokasi yang nyaman seperti warung nasi berkonsep kafe juga sangat cocok untuk mahasiswa.
  2. Pilih lokasi yang strategis, karena lokasi juga menentukan sukses atau tidaknya usaha kuliner yang sedang Anda jalankan saat ini. Pilihlah lokasi yang ramai ataupun bergabung di pusat-pusat jajanan/foodcourt bersama pedagang lainnya.
  3. Survey harga bahan baku di pasaran. Untuk memulai usaha kuliner tentu kita harus tahu harga bahan baku di pasaran serta menghitung modalnya. Hal ini berguna untuk menentukan harga jual untuk menghindari kerugian ke depannya.
  4. Selalu berinovasi. Dalam usaha dagang makanan, inovasi sangat diperlukan supaya pelanggan tidak cepat bosan dengan makanan yang kita jual. Inovasi meliputi rasa, tampilan, bentuk penyajian dan kreasi dalam pembuatannya.
  5. Memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang kuliner. Hal ini tentu sangat diperlukan supaya Anda bisa terus berinovasi, memiliki ide-ide baru untuk bisnis kuliner yang sedang Anda jalankan.
  6. Memanfaatkan media sosial supaya bisnis kita lebih dikenal. Banyak pebisnis kuliner yang awalnya menggunakan media sosial dan sukses hingga kini. Salah satunya menggunakan instagram, Anda hanya cukup foto dan upload makanan apa saja yang tersedia di warung makan atau kafe anda
  7. Sabar di awal usaha. Bukan hanya usaha kuliner saja, tapi di semua usaha tentu kita harus bersabar apalagi jika kita baru memulainya.

Manfaat Memiliki Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Apa saja keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan para ibu rumah tangga ketika memiliki sebuah usaha sendiri?

  1. Memiliki kebebasan waktu bersama anak dan keluarga. Anda dapat leluasa mengatur usaha tanpa meninggalkan anak dan suami di rumah.
  2. Membantu suami. Dengan memiliki usaha sendiri, Anda dapat membantu ekonomi keluarga.
  3. Jika Anda membuka usaha tentu akan membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu usaha Anda berkembang lebih besar lagi. Oleh karena itu, lewat usaha Anda bisa membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.
  4. Menjadi ibu rumah tangga memiliki rutinitas yang hampir sama setiap harinya. Jika anda memiliki usaha atau bisnis sampingan, tentu menjadi tantangan tersendiri dan anda juga tidak cepat bosan dengan rutinitas yang Anda miliki.
  5. Kebebasan berkreasi. Lewat ide-ide yang inovatif yang bisa anda bisa berkerasi dan terapkan di usaha yang anda miliki.
  6. Dengan membuka usaha sendiri akan melatih kemandirian anda. Anda tidak terlalu bergantung kepada suami jika ingin membeli sesuatu yang anda inginkan karena anda bisa membelinya sendiri.
  7. Salah satu jalan untuk mewujudkan mimpi anda. Misalnya, jika anda ingin menjadi pengusaha sukses atau ingin jalan-jalan keluar negeri tentu anda bisa mewujudkan mimpi tersebut lewat usaha yang sedang anda jalankan saat ini. Kuncinya adalah ketekunan dan pantang menyerah.

Itulah cara memulai usaha untuk ibu rumah tangga. Seluk beluk mengenai usaha dan manfaat usaha untuk ibu rumah tangga. Semoga dapat memberikan inspirasi untuk anda, khususnya ibu rumah tangga dalam berkreasi dan menjalankan usaha.

Jangan lupa share artikel ini ya!

Gaya Hidup

Cara Membuat Squishy, Mainan Dari Busa Yang Imut

Cara membuat squishy – Pernah mendengar squishy? Mainan yang terbuat dari busa atau spons ini memang belum begitu populer di Indonesia. Namun, squishy ternyata sudah sangat digemari di luar negeri. Selain itu, mainan ini juga bagus untuk kesehatan lho! Salah satunya bisa menghilangkan stress. Lho kok bisa?  Karena saat memainkan squishy, kita akan meremas-remas squishy tersebut dan ini sudah terbukti lho. Bentuk dari squishy juga macam-macam, ada hello kitty, burger, roti tawar, panda dan masih banyak lagi. Di Indonesia, squishy bisa ditemukan di toko-toko online. Mainan ini juga bisa dijadikan hiasan ponsel, lemari, gantungan kunci, ataupun gantungan tas.

Tesktur dari mainan squishy ini kenyal, lembut dan halus. Karena itu, jika dipencet atau ditekan mainan ini akan kembali ke bentuknya semula. Mainan ini juga bisa kita buat sendiri lho, lantas bagaimana cara membuat squishy sederhana? Simak ulasannya berikut ini ya…

Cara Membuat Squishy Sederhana

Squishy bisa dibuat berbagai macam bentuk, kali ini kami akan membahas cara membuat squishy sendiri dengan bentuk sederhana, yaitu bentuk roti tawar.

Alat dan Bahan Membuat Squishy :

  • Spons atau busa (bisa busa makeup atau spons untuk cuci piring).
  • Gunting.
  • Lem silikon atau lem akrilik.
  • Puffy Paint (Cat Timbul). Warna bisa disesuaikan.
  • Kuas.

Cara Membuat Squishy Bentuk Roti Tawar : 

  1. Pilih desain sederhana terlebih dulu, roti tawar misalnya.
  2. Potong spons berbentuk kotak-kotak serta buat potongan panjang (untuk pinggiran roti tawar). Gunakan lem untuk menggabungkan beberapa spons, tunggu spons hingga kering.
  3. Sebelum mengecat, pastikan spons dalam keadaan bersih dan tidak basah. Tentu agar hasilnya lebih menempel kuat dan merata.
  4. Cat spons sesuai kreatifitas dan keinginan kamu.
  5. Setelah cat mengering, tusukkan gantungan kunci pada busa dan beri lem agar merekat kuat.
  6. Squishy bentuk roti tawar sudah selesai~

Cara Membuat Squishy Slow

Squishy slow adalah squishy yang lebih lembut dan kenyal dibandingkan squishy biasa. Lalu, gimana sih cara membuat squishy dengan mudah dan menjadi slow? Simak penjelasannya dibawah ini ya…

  1. Siapkan squishy bentuk apa saja dan plastik kecil.
  2. Masukkan squishy ke dalam plastik dan tutup rapat.
  3. Lalu, masukkan plastik squishy ke dalam kulkas selama 10 menit.
  4. Jika sudah 10 menit, keluarkan squishy dari dalam kulkas dan buka plastiknya.
  5. Squishy slow sudah jadi deh! Coba tekan-tekan squishy, beda kan dengan sebelum dimasukkan ke kulkas?

Ternyata mudah ya cara membuat squishy menjadi slow? Kamu bisa langsung mempraktekkannya dan selamat mencoba!

Cara Membuat Squishy Tanpa Spons

Tanpa menggunakan banyak spons, squishy tetap bisa dibuat lho. Caranya dengan menggunakan clay, sejenis mainan lilin yang bisa dibuat berbagai macam bentuk karena teksturnya yang liat dan mudah dibentuk. Lalu, bagaimana cara membuat squishy dari clay?

Alat dan Bahan Untuk Membuat Squishy Clay :

  • Clay dengan warna yang diinginkan.
  • Sedikit spons atau busa.
  • Tutup toples bulat atau bedak padat bulat.
  • Lem putih (white glue).
  • Cat timbul, bisa juga menggunakan cat minyak.
  • Gunting untuk memotong.
  • Pulpen untuk menggambar pola.
  • Plastik

Cara Membuat Squishy Dari Clay :

  1. Siapkan spons, lalu buatlah pola bulat pada spons dengan menggunakan tutup toples kecil atau bedak padat bulat.
  2. Gunting bulatan pada spons tersebut. Kemudian, ambil clay sesuai kebutuhan.
  3. Bentuk bulat clay, lalu letakkan clay diatas plastik kecil agar tidak lengket. Pipihkan hingga tipis.
  4. Selanjutnya, taruh spons di atas clay. Lapisi spons dengan clay hingga tertutup, haluskan bagian yang kasar.
  5. Squishy clay sebenarnya sudah jadi, tinggal dikreasikan sesuai keinginan kamu menggunakan cat dan lem putih.
  6. Campurkan cat dengan lem putih, lalu buat emoji kreasimu di atas squishy.
  7. Jika ingin squishy lebih slow, masukkan ke dalam kulkas.
  8. Squishy clay sudah siap dimainkan~

Squishy memang bisa dibentuk bermacam-macam, itu semua tergantung dari kreatifitas kamu. Cara membuat squishy sendiri mudah, kan?

Cara Membuat Squishy Slime

Kreasi squishy tidak berhenti sampai disini, karena ternyata squishy bisa dibuat dari slime lho! Slime adalah sejenis mainan yang bertekstur lengket dan pekat, dengan berbagai macam variasi warna dan bentuk. Kali ini, kami akan memberi tahu cara membuat squishy slime bentuk donat. Penasaran kan hasilnya nanti seperti apa?  Yuk, lihat cara membuatnya di bawah ini!

Alat dan Bahan Membuat Squish Yang Perlu Disiapkan : 

  • Slime warna putih
  • Spons
  • Cat timbul berbagai warna
  • Wadah
  • Stik es krim untuk mengaduk slime
  • Plastik kecil
  • Gunting
  • Kuas

Cara Membuat Squishy Slime :

  1. Gunting spons menjadi bentuk bulat.
  2. Bagi slime menjadi 3 bagian, lalu berikan warna sesuai selera dengan menggunakan cat timbul.
  3. Aduk hingga warna tercampur rata, kemudian tuang slime bagian pertama ke dalam spons yang sudah ditaruh di dalam wadah (supaya slime tidak berceceran kemana-mana).
  4. Setelah itu, diamkan selama 3 – 8 jam hingga slime kering. Lakukan lagi hingga adonan slime bagian pertama habis.
  5. Lanjut untuk membuat toping donatnya menggunakan slime bagian kedua dan ketiga. Kreasikan sesuai imajinasi kamu. Sebaiknya kamu menggunakan kuas supaya hasilnya lebih rapi.
  6. Diamkan selama 3 jam hingga kering, lalu masukkan ke dalam kulkas agar squishy menjadi slow.
  7. Squishy slime bentuk donat sudah jadi dan siap dimainkan bersama teman-temanmu.

Baca juga : Cara Membuat Slime

Cara Membuat Squishy Dengan Lem Fox

Squishy juga bisa dibuat dengan lem fox lho! Gimana cara membuatnya? Sebelum itu, siapkan dulu alat dan bahan untuk membuat squishy ya…

Alat dan Bahan :

  • Spons yang sudah digunting berbentuk roti tawar.
  • Pewarna makanan
  • Lem fox
  • Air panas
  • Kuas

Cara Membuat Squishy Dengan Lem Fox :

  1. Pertama, buat adonan menggunakan lem fox dan air panas, lalu tambahkan dengan pewarna makanan sesuai selera.
  2. Aduk hingga tercampur rata, lalu oleskan ke permukaan spons sampai merata.
  3. Lakukan penjemuran selama 3-8 jam hingga kering.
  4.  Setelah kering, buat adonan warna lain menggunakan pewarna makanan coklat. Caranya sama dengan cara pada nomor satu.
  5. Setelah jadi, oleskan menggunakan kuas dengan hati-hati pada bagian kulit roti tawar.
  6. Jemur kembali hingga kering.
  7. Squishy roti tawar ala kamu sudah selesai.

Mudah kan cara membuat squishy? Tentunya kamu bisa berkreasi sesuka kamu agar dapat membuat squishy dengan bentuk yang bagus.

Manfaat Squishy Ternyata Banyak Lho!

gambar : tokopedia

Selain untuk mainan, squishy juga punya kegunaaan lain di antaranya sebagai wrist pad (tatakan tangan ketika menggunakan mouse atau mengetik di komputer). Karena bentuknya yang kenyal dan lembut bisa memberikan kenyamanan pada pergelangan tangan. Squishy juga bisa dipakai untuk tempat pena, penjepit kertas, gantungan kunci, gantungan ponsel, gantungan tas, dan juga sebagai gift atau hadiah tentunya. Jika ada teman atau sahabatmu yang berulang tahun, boleh lho berikan squishy nan imut ini sebagai hadiah ulang tahunnya. Apalagi jika kamu membuat squishy sendiri, tentu akan lebih bernilai bukan?

Demikian tips dan cara membuat squishy dengan mudah. Semoga bisa memberikan inspirasi buat kalian yang membacanya ya! Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat ya!

Gaya Hidup

Cara Membuat Minyak Kemiri Dan Berbagai Manfaatnya

Siapa yang tidak mengenal kemiri? Jenis tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, diantaranya sebagai bumbu dapur dan obat herbal. Selain itu, kemiri juga bisa diolah menjadi minyak kemiri yang gunanya untuk mencegah kerontokan pada rambut dan penumbuh alis. Kali ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat minyak kemiri dengan mudah. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Tapi, sebelum itu, yuk kita mengenal minyak kemiri lebih dekat!

Mengenal Minyak Kemiri

Cara membuat minyak kemiri – Minyak kemiri lebih dikenal sebagai obat herbal yang diolah dari biji kemiri. Tanaman kemiri dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki iklim tropis, di daerah Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Tanaman ini mempunyai tinggi hampir 25 meter, daunnya yang berwarna hijau pucat, dan biji kemiri yang memiliki diameter 4-6 cm. Biji kemiri mempunyai lapisan keras di bagian luar sebagai pelindung. Minyak kemiri sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan rambut. Masih banyak manfaat dari minyak kemiri yang bisa kamu rasakan sendiri. Apa saja ya? Simak ulasannya selanjutnya…

Manfaat Minyak Kemiri

Tahukah kamu? Kemiri mengandung gizi seperti karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, kandungan senyawa baik juga terdapat pada kemiri diantaranya polifenol, saponin dan flavonoid. Oleh karena itu, minyak kemiri memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuhmu. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

  • Pengen punya rambut hitam berkilau? Rutin gunakan minyak kemiri ya…

Salah satu manfaat minyak kemiri adalah menghitamkan rambut. Selain itu, minyak kemiri juga bisa membuat rambut lebih berkilau. Daripada menghitamkan rambut dengan bahan kimia, lebih baik gunakan yang alami kan?

  • Mencegah rambut rontok

Sebel gara-gara rambutmu sering rontok? Oleskan minyak kemiri dari akar hingga ujung rambut secara rutin, alhasil kerontokan pada rambutmu akan sedikit berkurang.

  • Membuat rambut lebih tebal

Rambutmu tipis? Pengen punya rambut yang terlihat lebih tebal? Menggunakan minyak kemiri secara teratur dapat memicu pertumbuhan rambut baru, sehingga rambut lebih bervolume dan tentunya ini bisa menjadi solusi untuk rambut tipismu.

  • Mengatasi rambut yang beruban

Tidak jarang banyak orang yang masih berusia muda, tapi sudah beruban. Bisa jadi ini dikarenakan terlalu banyak pikiran ataupun karena keturunan. Padahal normalnya rambut mulai memutih pada usia 45-55 tahun. Daripada menggunakan semir rambut yang megandung banyak bahan kimia, lebih baik gunakan saja minyak kemiri secara rutin.

  • Mencegah kolestrol jahat dalam tubuh

Selain untuk kesehatan rambut, minyak kemiri ternyata juga dapat membantu mengatasi kesehatan organ dalam. Kandungan zat fitosterol di dalam minyak kemiri bisa menghancurkan enzim pembentuk kolestrol jahat di dalam tubuh, terutama pada organ hati.

  • Mencerahkan kulit

Menjaga penampilan tentu sangat penting, dimulai dari wajah yang bersih dan cerah tentu akan membuat kita lebih percaya diri. Percaya atau tidak, minyak kemiri dapat mencerahkan kulitmu serta dapat mengangkat sel kulit mati.

Itulah beberapa manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan rambut. Lalu bagaimana cara membuat minyak kemiri?

Cara Membuat Minyak Kemiri Bakar

Minyak kemiri dapat dibuat dengan cara dibakar, hasilnya lebih pekat dan hitam. Cara membuat minyak kemiri sangat mudah, kamu bisa mempraktekkannya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Bahan – bahan :

  1. Biji kemiri secukupnya
  2. Blender
  3. Lilin dan korek api

Langkah-langkah membuat minyak kemiri bakar :

  • Nyalakan lilin, tusuk biji kemiri dengan garpu atau lidi kecil. Lalu taruh biji kemiri di atas lilin yang sudah dibakar. Putar-putar biji kemiri hingga seluruh bagiannya menghitam. Kamu juga bisa menggunakan kompor dengan api kecil untuk membakar biji kemiri.
  • Siapkan blender, masukkan biji kemiri yang sudah dibakar ke dalam blender hingga keluar minyaknya.
  • Oleskan minyak kemiri tersebut di kulit kepala dan rambut. Gunakan minyak kemiri secara rutin agar hasilnya maksimal.

Mudah bukan cara membuat minyak kemiri bakar? Cara ini adalah cara yang paling menghemat waktumu. Selain dibakar, minyak kemiri juga dapat dibuat dengan cara sangrai dan perasan. Minyak kemiri juga digunakan untuk alis lebih tebal. Seperti apa caranya?

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Alis

Memiliki alis yang tebal tentunya menjadi impian bagi setiap wanita. Kini memang banyak cara yang lebih modern untuk membuat alis terlihat lebih tebal, dengan menggunakan pensil alis misalnya. Bahkan beberapa wanita rela menguras kantongnya hanya untuk sulam alis. Padahal, ada lho cara alami untuk membuat alis terlihat lebih tebal yaitu dengan menggunakan minyak kemiri.

Cara membuat minyak kemiri untuk alis sangatlah mudah. Siapkan biji kemiri secukupnya, lalu bakar diatas kompor hingga menghitam. Kemudian, tumbuk biji kemiri yang sudah dibakar tadi hingga mengeluarkan minyak. Ambil minyak kemiri menggunakan kapas dan oleskan pada alis. Biarkan hingga 1 jam agar minyaknya meresap. Jika sudah, bersihkan minyak kemiri menggunakan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, kurang lebih dua bulan alismu akan terlihat lebih tebal. Yuk, praktekkan cara ini di rumah!

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Rontok

Sudah banyak yang tahu kalau manfaat dari minyak kemiri sangat baik untuk mencegah kerontokan pada rambut. Oleh karena itu, selanjutnya kami akan membahas cara membuat minyak kemiri yang benar untuk mengatasi rambut rontok. Simak ulasannya di bawah ini ya~

Pertama, siapkan dulu bahan-bahannya. Simple kok, hanya biji kemiri secukupnya dan air putih. Lalu sangrai biji kemiri hingga matang dan dinginkan selama beberapa menit. Kemudian, blender biji kemiri hingga halus. Setelah halus, tambahkan sedikit air untuk kemudian diperas menggunakan kain halus sampai minyaknya keluar. Saring hasil perasan tersebut dan masukkan ke dalam wadah. Setelah itu, oleskan minyak kemiri pada kulit kepala hingga ujung rambut setiap kamu mandi. Lakukan ini setiap hari, alhasil rambut rontokmu akan berkurang.

Daripada harus ke salon, menggunakan hair extentions ataupun wig/rambut palsu yang jelas membutuhkan biaya tidak sedikit, lebih baik gunakan saja yang alami seperti minyak kemiri ini. Selain, mencegah kerontokan rambut minyak kemiri juga dapat membuat rambut lebih bervolume dan hitam berkilau.

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Jambang

Bukan hanya wanita saja yang peduli dengan penampilan, tapi pria juga tidak mau kalah. Salah satu penampilan penting pada pria adalah mempunyai jambang, karena akan terlihat lebih macho dan keren. Tidak semua pria bisa memilikinya karena jambang bisa tumbuh karena faktor keturunan atau gen. Tapi, nggak usah khawatir karena minyak kemiri bisa menumbuhkan jambang lho…

Lantas, gimana cara membuat minyak kemiri untuk jambang? Pertama, siapkan biji kemiri secukupnya lalu bakar selama 3 menit atau sampai menghitam. Blender atau tumbuk biji kemiri hingga mengeluarkan minyak kemiri. Lalu, usapkan minyak kemiri pada jambang secara rutin agar hasilnya sesuai keinginan kita.

Demikian informasi mengenai cara membuat minyak kemiri yang benar dan manfaatnya untuk kesehatan. Ingat, kesehatan itu mahal harganya, yuk jaga kesehatan tubuh sejak dini! Salam….

 

Gaya Hidup

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur, Mudah Dan Unik

Cara membuat tas dari tali kur, Sebetulnya apa sih tali kur? Tali kur adalah tali yang banyak digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Sebut saja, dompet, bros, gantungan kunci, tas dan masih banyak lagi kerajinan tangan yang bisa dibuat dari si tali kur ini. Nah, salah satu kerajinan tangan dari tali kur yang paling banyak diminati adalah tas.

Trend Tas Tali Kur, Motifnya Beragam dan Unik

Tas dari tali kur kini tengah menjadi tren di masyarakat. Selain motifnya yang unik, cara membuat tas dari tali kur juga sangat mudah sehingga banyak pengrajin yang membuatnya dan dijual kembali di toko tas atau toko aksesoris.
Lantas, seperti apa motif tas tali kur yang unik yang kini tengah menjadi trend? Yuk, kita lihat!

1. Tas Tali Kur Motif Bunga

Motif ini sudah pasti digemari oleh ibu-ibu muda, karena bentuknya sangat cantik dan bisa digunakan di segala kesempatan. Berikut salah satu contoh tas tali kur motif bunga.

2. Tas Tali Kur Motif Hello Kitty

Berikut contoh tas dari tali kur motif Hello Kitty yang sudah pasti jadi favoritnya anak-anak perempuan. Unik kan?

3. Tas Tali Kur Motif Kerang

Tas tali kur dengan motif kerang juga banyak diminati masyarakat lho, seperti ini gambarnya. Cantik kan?

4. Tas Tali Kur Motif Jagung

Begini penampilan dari tas tali kur motif jagung…

5. Tas Tali Kur Motif Silang Kecil

Kalau yang ini tas tali kur dengan motif silang kecil.

Melihat motif – motif unik tas tali kur di atas, jadi nggak sabar untuk membuatnya kan? Yuk, simak cara membuat tas dari tali kur sederhana yang bisa kamu pelajari!

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Untuk Pemula

Hobi membuat kerajinan tangan? Yuk, manfaatkan hobimu dengan membuat tas dari tali kur. Cara membuat tas dari tali kur step by step ini sangat cocok untuk pemula. Siapa tau dari hobi bisa jadi ladang penghasilan.
Pertama, persiapkan dulu alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat tas tali kur.

Alat dan bahan :

• Tali Kur dengan warna yang kita inginkan
• Gunting
• Resleting
• Jarum dan benang
• Bahan untuk bagian dalam tas (Furing)

Setelah itu, tentukan kita mau membuat tas dari tali kur ini dari mana. Apakah dari bagian atas atau dari bagian bawah. Berikut caranya :

  • Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Dimulai Dari Bagian Atas

Pertama, yang kita lakukan adalah mengukur tali untuk bagian gagang tas dan isi tas. Kemudian setelah diukur potong tali tersebut untuk digabungkan dan kita bisa mulai menganyam tas. Saat kita menganyam, juga harus teliti karena kalau bagian atasnya salah, kebawahnya juga akan salah.

Ambil dua buah tali lalu simpulkan keduanya adalah cara untuk membuat gagang tas. Step by stepnya bisa kamu lihat di gambar. Setelah itu, membuat bagian badan tas sampai bagian bawah. Pegang tali yang berwarna merah di tangan kiri, lalu tali yang berwarna putih diikatkan ke atas tali warna merah 2x putaran. Lakukan sampai panjang dan lebarnya tas sesuai dengan yang kita inginkan. Dan seperti inilah hasilnya, cantik kan?

  • Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Dimulai Bagian Bawah

Selain mulai dari bagian atas, untuk membuat tas tali kur juga bisa dimulai dari bagian bawah, step by stepnya bisa dilihat di gambar di atas ya. (Source)

Kedua cara tadi merupakan teknik dasar membuat tas dari tali kur. Jika kamu sudah menguasainya, maka akan semakin mudah untuk membuat tas tali kur dengan berbagai macam motif.

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Cantik

Selanjutnya, tas tali kur juga bisa dibuat dengan berbagai macam motif cantik. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalau ada berbagai macam motif dari tas tali kur yang banyak diminati masyarakat. Nah, kali ini kita akan bahas cara membuat tas dari tali kur dengan berbagai motif cantik.

  • Cara Membuat Tas Tali Kur Motif Garis Miring

  1. Sama halnya dengan teknik dasar, ambil dua buah tali kur, kemudian lipat menjadi dua sehingga menjadi empat bagian seperti pada gambar nomor 1.
  2. Kedua,  ambil tali pada bagian tengahnya untuk mengawali dalam pembuatan motif miring seperti yang ada pada gambar nomor 2.
  3. Selanjutnya, bentuk bundaran seperti pada gambar nomor 3.
  4. Lalu, buatlah tali seperti pada gambar nomor 4, yaitu dengan cara memutar satu tali sebanyak dua kali. Lakukan juga pada bagian bawahnya.
  5. Lakukan cara nomor 4 berulang-ulang hingga berbentuk seperti pada gambar nomor 5.
  6. Duplikasi lagi hingga terlihat seperti pada gambar nomor 6.
  7. Jika sudah sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan, selanjutnya tentukan batas bawahnya dan ratakan dengan menyisakan satu tali setelah palang atau pembatas seperti pada gambar nomor 7.
  8. Bagian bawah yang diratakan akan terlihat seperti gambar di nomor 8.
  9. Setelah selesai diratakan, maka tas akan terlihat seperti pada gambar nomor 9.
  10. Cara terakhir adalah lanjutkan merangkai pada bagian bawah sampai tas tali kur selesai dan siap untuk di pakai.

Setelah membuat tas dari tali kur dengan motif miring, masih ada motif lainnya yang nggak kalah cantik dan menarik. Yuk, simak!

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Motif Jagung

Setelah tadi membahas sedikit soal tas tali kur motif jagung, pasti kamu penasaran dong gimana cara membuatnya? Simak yuk…

Tas tali kur motif jagung memang bukan motif baru, tapi tetap cantik dan banyak diminati. Cara membuat tas dari tali kur motif jagung ini dibutuhkan 48 kepala atau motif dasar yang dipotong sepanjang 6 meter. Coba cek lagi teknik dasar membuat tas tali kur disini.

Nah, kalau sudah bisa membuat tas tali kur motif jagung, selain bisa dipakai untuk sendiri, kamu juga bisa menjualnya lho. Lumayan kan, dapat penghasilan dari hobi.

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Motif Kerang

Kalau tas tali kur motif kerang ini, punya tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Tapi, kalau kamu sudah menguasai teknik dasar membuat tas tali kur, pasti bukan hal yang sulit untuk membuat tas tali kur motif kerang ini. Oleh karena itu, ketika dijual, tas tali kur motif kerang ini punya harga yang lumayan mahal. Tapi, sesuai dengan usaha membuatnya kan? Karena kerajinan tangan seperti ini memang tidak bisa dibayar murah.

Keunggulan dan Kelemahan Tas Tali Kur

Setelah membahas motif dan cara membuat tas dari tali kur, ada yang tau apa keunggulan dan kelemahan dari tas tali kur? Keunggulan dari tas tali kur ini sangat banyak, diantaranya bahannya yang kuat membuat tas ini lebih awet dan tahan lama, selain itu motifnya yang unik dan tidak pasaran juga menjadikan siapapun yang memakai tas ini menjadi terlihat lebih elegan.

Sementara itu, kelemahan dari tas tali kur ini di antaranya, untuk membuat tas dari tali kur ini dibutuhkan keahlian khusus serta tingkat ketelitian yang tinggi. Semakin rumit tingkat kesulitan dari tas tali kur, semakin mahal harga jualnya.

Sekian pembahasan tentang cara membuat tas dari tali kur, semoga bisa memberikan inspirasi bagi kalian semua.

Gaya Hidup

Cara Cek BPJS, Kamu Nggak Akan Mengira Semudah Ini!

Cara cek BPJS ternyata nggak sesulit yang kita kira lho! Hampir semua orang sudah pasti punya kartu BPJS, entah pribadi atau dari perusahaan. Sebelum membahas cara cek bpjs lebih lanjut, cari tahu dulu seluk beluk tentang BPJS.00

BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS Kesehatan merupakan BUMN yang tugasnya menyelenggarakan jaminan pemeliharaaan kesehatan untuk Warga Negara Indonesia. Sebelum lanjut ke cara cek BPJS Kesehatan, sudah tau langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk mendaftar BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan, Ini Dia Cara Daftar Offlinenya

Cara mendaftar BPJS Kesehatan sama mudahnya dengan cara cek BPJS Kesehatan. Kamu bisa mendaftar secara online ataupun offline. Jika offline, kamu hanya perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat di wilayahmu dan membawa beberapa persyaratan dokumen (semuanya fotokopi, kecuali pas foto) berikut ini :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Paspor yang berlaku sebanyak 1 lembar.
  • Kartu Keluarga (KK) 1 lembar
  • Buku Tabungan
  • Pas foto 3×4, sebanyak 1 lembar

Setelah itu, ambil formulir Data Isian Peserta (DIP) yang telah disediakan dan isi data diri kamu lalu lampirkan dokumen persyaratan membuat kartu BPJS Kesehatan. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan Nomor Virtual Account (VA). Lakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui Bank Mandiri, BRI, atau BNI. Selain lewat bank, pembayaran BPJS juga dapat dilakukan di gerai Alfamart ataupun Indomaret terdekat.

Simpan bukti pembayaran iuran tersebut dan serahkan ke kantor BPJS Kesehatan tempat kamu mendaftar untuk mendapatkan kartu JKN. Kartu BPJS sudah bisa kamu gunakan. Cara menggunakan BPJS Kesehatan juga sangat mudah, kamu tinggal membawa kartu BPJS ketika kamu berobat ke faskes yang kamu daftarkan.

Langkah Mendaftar BPJS Kesehatan Online

Cara cek BPJS – Sama halnya dengan mendaftar BPJS Kesehatan Offline, dokumen yang perlu disiapkan antara lain alamat email dan no hp, KTP yang masih berlaku, Kartu Keluarga, Kartu NPWP, dan Nomor Rekening yang digunakan untuk membayar iuran. Setelah menyiapkan dokumen persyaratan, ikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara online :

  • Buka link berikut lewat gadgetmu
  • Muncul laman “Syarat & Ketentuan”. Sebelum kamu mendaftar, sebaiknya baca terlebih dulu.

syaratbpjs

  • Setelah itu, klik tombol “Pendaftaran” yang ada di sebelah pojok kanan bawah pada laman tersebut. Lalu, kamu akan berkunjung ke halaman selanjutnya seperti gambar berikut ini :

daftar-bpjs

Pilih jenis kepesertaan dan centang terlebih dulu tulisan “Dengan ini saya menyatakan untuk mendaftarkan diri beserta anggota keluarga”, baru kamu bisa mengisi Nomor Kartu Keluarga dan Nomor Captcha.

Pastikan Nomor Kartu Keluarga telah diisi dengan benar, karena akan dilacak oleh sistem. Jika salah, maka pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.

  • Lalu klik “Inquery Kartu Keluarga” setelah itu klik “Proses Selanjutnya”.
  • Isi data yang telah disediakan, data diri, lamat lengkap, pilihan kelas I, II, atau III serta Faskes yang dituju.
  • Kemudian pilih biaya iuran perbulan sesuai tingkatan kelas. Rentang biaya mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 80.000 setiap bulannya.
  • Tunggu pemberitahuan nomor registrasi melalui email kamu, lalu print lembar Virtual Account BPJS.
  • Lakukan pembayaran melalui ATM BNI, BRI atau Mandiri. Kamu bisa juga membayar di gerai Alfamart & Indomaret terdekat. Simpan bukti pembayarannya.
  • Setelah membayar, kamu akan mendapatkan email balasan dari BPJS berupa E-ID Card yang bisa kamu print sendiri.

Selanjutnya, setelah Kartu BPJS dibuat pastinya kita ingin tahu bagaimana cara cek BPJS Kesehatan. Supaya kartumu dapat digunakan dengan baik, hindari penunggakan tagihan ya.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

1. Klik disini
2. Masukan nomor kartu  (13 Digit)
3. Masukan data tanggal lahir dan kode validasi yang tertera, kemudian klik tombol “cek”.
4. Beberapa saat kemudian informasi detail BPJS akan muncul beserta dengan total tagihan yang telah dibayarkan dan kelebihan saldo (jika ada). Selain itu, cara cek BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan dengan mendownload aplikasinya di Play Store.

Lalu, dimana aja sih kita bisa membayar tagihan atau iuran BPJS Kesehatan? Berikut tempat pembayaran tagihan BPJS Kesehatan :

1. Kantor BPJS.
2. Bank BRI, BNI, Mandiri dan BTN.
3. ATM BRI, BNI, Mandiri dan BTN.
4. SMS Banking dan internet banking dari BRI, BNI, Mandiri dan BTN.
5. Alfamart, Indomart, Seven Eleven dan Circle K.
6. Kantor pos.
7. Dompetku (uang elektronik dari Indosat).
8. Loket pembayaran iuran melalui Payment Point Online Bank (PPOB). Tetapi pembayaran iuran lewat PPOB dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2.500,-

Sementara itu, terkadang kita suka lupa kapan terakhir kali membayar iuran BPJS. Sehingga kita tidak tau apakah kartu BPJS kita masih aktif atau tidak. Cara cek aktif atau tidaknya BPJS  hampir sama dengan cara cek tagihan, kunjungi link berikut dan masukkan nomor kartu serta tanggal lahir, lalu klik tombol Cek. Setelah itu, jika kartu BPJS kamu aktif maka datanya akan muncul begitupun sebaliknya.

BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan sosial untuk pekerja WNI, dimana para pekerja nantinya mendapatkan dana pensiun melalui Jaminan Hari Tua atau JHT. Bukan hanya para pekerja kantoran saja yang dapat hak namun, pekerja lepas atau freelance juga bisa mendapatkan hak BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu bagaimana cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan? Ada dua kategori saat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan, berikut penjelasannya :

Peserta tenaga kerja dalam hubungan kerja

Berikut ini adalah beberapa syarat dokumen yang perlu disiapkan oleh perusahaan dan kamu saat akan mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan.

1. Asli dan salinan SIUP / Surat Izin Usaha Perdagangan.
2. Asli dan salinan NPWP Perusahaan.
3. Asli dan salinan Akta Perdagangan Perusahaan.
4. Salinan KTP / Kartu Tanda Penduduk masing-masing karyawan.
5. Salinan KK / Kartu Keluarga masong-masing karyawan.
6. Pas foto warna Karyawan, ukuran 2 x 3 sebanyak 1 lembar.

Perusahaan dapat mendaftarkan karyawan sebagai peserta melalui website BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu, klik bagian kolom yang tertera pada gambar berikut ini

Daftarkan alamat email perusahaan dan tunggu balasan email dari pihak BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu, bawa dokumen-dokumen yang diminta ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Peserta tenaga kerja luar hubungan kerja

Jika kamu berstatus sebagai Freelancer ataupun pengusaha tanpa badan usaha, dibutuhkan sebuah wadah organisasi untuk mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan dengan jumlah minimal 10 orang.

Berikut persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja mandiri:

1. Surat izin usaha dari kelurahan setempat.
2. Salinan KTP masing-masing pekerja.
3. Salinan KK / Kartu Keluarga masing-masing pekerja.
4. Pas foto warna masing-masing pekerja ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar.

Sama dengan mendaftarkan tenaga kerja dalam hubungan kerja, kamu bisa membuka halaman web BPJS Ketenagakerjaan dan gunakan alamat email perwakilan organisasi untuk mendapatkan notifikasi email dari BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu, bawa dokumen persyaratan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Masih belum tahu bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan/JHT kamu? Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan, di antaranya :

  • Melalui SMS dengan mengetik REG#NoJamsostek/BPJS#Tanggal lahir#Nama Ibu Kandung lalu kirim ke 2757
  • Melalui website BPJS Ketenagakerjaan, lalu masukan ID dan password kamu. Selain cek saldo, kamu juga bisa melakukan e-klaim di website tersebut.
  •  Melalui ATM BNI, tentunya hanya berlaku untuk nasabah BNI saja.
  • Datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu, bagaimana jika kita ingin melakukan klaim dana JHT? Kamu bisa mengajukan klaim online melalui website ataupun datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut persyaratan dokumen yang harus dibawa pada saat melakukan klaim JHT :

  1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan
  2. Surat Keterangan Kerja
  3. KTP yang masih berlaku
  4. Kartu Keluarga, dan
  5. Buku Tabungan

Jangan lupa juga memfotocopy dokumen-dokumen tersebut masing-masing satu lembar dan juga menyertakan dokumen yang asli ya. 

Demikian artikel cara cek BPJS, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa share artikel ini!