Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Kumpulan Cara Mendapatkan Modal Usaha Yang Mudah

Kumpulan cara mendapatkan modal usaha – Mempunyai usaha sendiri kini banyak diminati masyarakat, tapi membuka usaha ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan sendiri. Selain butuh tekad yang kuat, modal juga sangat mempengaruhi kelangsungan usaha tersebut. Lantas, bagaimana jika anda ingin membuka usaha tapi modalnya masih belum cukup? Tenang, kami akan memberikan kumpulan cara mendapatkan modal usaha yang mudah dan bisa membantu mengembangkan usaha anda.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah

Sebenarnya, banyak cara jika anda ingin membuka usaha sendiri. Salah satunya dengan mendapatkan modal usaha dari pemerintah. Banyak program yang diselenggarakan pemerintah khususnya untuk mengembangkan UKM atau Usaha Kecil Menengah. Diantaranya, dengan memberikan modal baik dengan sistem pinjaman lunak maupun hibah.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah? Berikut tipsnya :

  • Membuat Proposal Usaha Yang Menarik

Jika ide usaha anda ingin ‘dilirik’ oleh pemerintah, tentunya persiapan yang anda miliki harus matang. Salah satunya dengan membuat proposal usaha yang menarik. Setelah itu, baru anda bisa mengajukan proposal usaha anda ke lembaga-lembaga pemerintahan seperti dinas perindustrian dan perdagangan ataupun dinas kementrian koperasi dan UKM. Anda juga bisa berkunjung langsung ke kantor instansi pemerintahan untuk menanyakan langsung apakah tersedia dana pinjaman yang cocok untuk modal usaha anda.

  • Membuka Website Resmi Pemerintahan 

Jika anda rajin-rajin membuka website resmi pemerintahan yang berkaitan dengan usaha tentunya anda bisa mendapatkan informasi mengenai pinjaman usaha yang disediakan oleh pemerintah. Misalnya website kemenperin.go.id dari dinas perindustrian dan perdagangan atau website depkop.go.id milik dinas kementrian koperasi dan UKM.

  • Mengikuti Pameran UKM Yang Diadakan Pemerintah

Anda juga bisa mulai aktif mengikuti pameran UKM yang diadakan pemerintah minimal setahun sekali. Lewat event ini, anda bisa berkesempatan mendapatkan modal usaha dari pemerintah. Caranya dengan memperkenalkan produk kepada pejabat daerah yang datang ke stand pameran anda. Jangan lupa, siapkan juga proposal usaha anda. Dengan begitu, siapa tahu pejabat daerah yang datang ke acara tersebut tertarik memberikan modal usaha untuk anda.

  • Mengajukan Kredit Usaha Rakyat atau KUR

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu program pemerintah bekerjasama dengan Bank tertentu untuk memberikan pembiayaan kepada usaha anda yang feasible namun belum memiliki agunan sesuai persyaratan dari Bank. Adapun Bank yang menyediakan program ini, diantaranya BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, Bank Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri.

Cara Mendapatkan Dana Hibah Untuk Modal Usaha

Beberapa orang mungkin masih belum tahu bagaimana mendapatkan dana hibah gratis untuk modal usaha mereka. Padahal, banyak lembaga-lembaga yang memberikan dana hibah secara cuma-cuma kepada pelaku UKM. Caranya, cukup membuat dan mengajukan proposal usaha ke lembaga tersebut.

Lantas, lembaga apa saja yang menyediakan dana hibah gratis kepada pelaku UKM di Indonesia? Berikut listnya :

  • BAZIS DKI Jakarta

Jika kita mendengar kata BAZIS tentu yang terlintas di pikiran adalah lembaga amil zakat infak dan shodaqoh yang hanya menyalurkan dana zakat dari masyarakat kepada kalangan fakir miskin. Tapi, ternyata bukan hanya itu saja lho, karena lembaga ini juga memberikan modal usaha bergulir kepada masyarakat menengah ke bawah yang tidak memiliki modal usaha yang cukup. Selain itu, lembaga ini juga memberikan dana zakat kepada guru ngaji dan anak yatim. Tak lupa juga, membantu pembangunan sarana kesehatan dan ibadah.  Jika anda ingin mengajukan proposal usaha anda, langsung saja kunjungi kantor pusat BAZIS yang berlokasi di Gedung LBIQ, Jl. KH Mas Mansyur Gang H. Awaludin II, Jakarta 10230.

  • The Asia Foundation

Lembaga yang satu ini berlokasi di Jl. Dharmawangsa Raya No. 50 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Jika anda membutuhkan uang untuk modal usaha, anda bisa langsung menghubungi lembaga tersebut di 021 7261860 atau email ke general@tafindo.org. Lembaga ini memberikan modal usaha gratis ke pelaku UKM sebagai wujud pemberdayaan masyarakat miskin.

  • Dompet Dhuafa Republika

Siapa yang tidak mengenal lembaga amal yang satu ini? Selain memberikan bantuan zakat, infak dan shodaqoh kepada fakir miskin dan yatim piatu, lembaga ini juga memberikan modal usaha atau dana hibah gratis kepada masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa mengakses website www.dompetdhuafa.org.

Itulah beberapa lembaga yang menyediakan dana hibah gratis untuk modal usaha, selain ketiga lembaga tersebut juga masih ada BORDA, The Ford Foundation, dan CIDA.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan

Tidak ada hal yang mustahil di dunia ini, termasuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan. Kini, banyak lembaga atau badan usaha yang menyediakan program memberikan modal usaha tanpa agunan/jaminan kepada calon pengusaha kecil menengah.

Berikut ini lembaga atau badan usaha yang menyediakan modal usaha tanpa jaminan :

  • Bank 

Dulu, mungkin sulit meminjam dana ke bank tapi kini banyak bank yang menyediakan program modal usaha tanpa agunan/jaminan yang sesuai dengan kemampuan si calon pengusaha. Jangan lupa, perhatikan suku bunga yang dibebankan kepada kita, baiknya ambil jangka waktu pinjaman yang tidak terlalu lama.

  • Koperasi Komunitas Usaha

Biasanya suatu komunitas usaha memiliki koperasi internal yang dikhususkan untuk membantu para anggotanya. Tentu hal ini bisa dimanfaatkan jika anda tergabung dalam komunitas tersebut dan ingin meminjam modal usaha tanpa jaminan.

  • Lembaga Pemerintah  

Cari informasi sebanyak-banyaknya seputar pinjaman usaha dari pemerintah. Biasanya ada sejumlah dana yang dikhususkan untuk membantu pengusaha memperkuat modal mereka secara berkala. Dengan angka yang relatif kecil, biasanya jaminan ini hanya menggunakan KTP dan KK anda. Anda bisa mencari informasi di kelurahan/desa setempat.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis

Memiliki ide usaha yang brilian tapi kepentok dengan modal? Jangan menyerah dulu, anda sudah coba belum untuk mendapatkan modal usaha secara gratis? Tentu, sekilas terdengar mustahil, mana ada yang gratis di dunia ini. Tapi, jika anda bisa melihat peluang tentu tidak menutup kemungkinan anda bisa mendapatkan modal usaha gratis.

Lantas, apa saja jalan yang bisa anda tempuh untuk mendapatkan modal usaha secara gratis? Simak selengkapnya disini :

  • Patungan atau Joint Venture 

Jika anda memiliki kerabat, teman atau rekan bisnis yang memiliki visi misi yang sama, tidak ada salahnya jika mendirikan usaha bersama dengan cara patungan modal atau joint venture. Tentunya, menjadi lebih ringan karena modal usaha dibagi sama rata. Semua keuntungan dan kerugian dalam usaha menjadi tanggung jawab bersama, dengan catatan anda harus membuat perjanjian/kontrak yang jelas jikalau terjadi konflik di masa mendatang.

  • Franchise atau Waralaba

Saat ini bidang usaha yang menjalankan sistem franchise atau waralaba sedang diminati masyarakat. Tidak ada salahnya jika anda ikutan mencoba. Usaha yang dijalankan oleh dua pihak, yaitu pemilik usaha dan pelaku usaha ini sangat membantu anda yang ingin menjalankan usaha. Anda tidak perlu repot menyediakan fasilitas usaha, karena sudah disediakan oleh pemilik usaha. Tugas anda hanya tinggal menjalankan usahanya saja (sebagai mitra). Soal pembagian untung biasanya didiskusikan dulu dan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

  • Mencari Program Bantuan

Buatlah proposal usaha anda dan carilah bantuan dari instansi atau perusahaan sebagai bentuk pengabdian masyarakat mereka. Biasanya perusahaan tingkat nasional membuka program pembinaan usaha kecil dan menengah dan anda bisa mendaftarkan usaha anda melalui program tersebut. Jika ide usaha anda disetujui, tentu mereka akan mengucurkan dana sebagai bantuan modal usaha anda dengan bunga yang ringan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Dalam menjalankan usaha, tentu kita ingin terbebas dari hutang ataupun riba. Lantas, bagaimana cara mendapatkan modal usaha tanpa riba? Berikut tipsnya :

  • Menjual Aset Yang Kita Miliki

Cara yang paling mudah mendapatkan modal usaha tanpa riba adalah dengan menjual aset atau barang berharga yang anda miliki. Misalnya, kendaraan, perhiasan ataupun rumah sehingga bisa mendapatkan modal usaha. Tentu, hal ini harus dipertimbangkan secara matang terlebih dahulu agar nantinya tidak menyulitkan anda dalam menjalankan usaha.

  • Meminjam Kepada Keluarga

Kedua, anda bisa meminjam sejumlah uang kepada keluarga. Kenapa? Karena meminjam uang tanpa riba lebih besar peluangnya jika kita meminjamnya kepada keluarga. Kepercayaan keluarga biasanya lebih tinggi dibandingkan orang lain.

  • Menjadi Reseller/Dropshipper

Nah, banyak usaha khususnya di bidang online shop yang menjalankan sistem reseller. Disamping modal yang anda keluarkan lebih terjangkau, tentunya ini akan menjauhkan anda dari riba. Anda juga tidak perlu repot stok barang terlalu banyak di rumah, karena sistemnya dilakukan secara online.

Itulah ketiga cara mendapatkan modal usaha tanpa riba, semoga membantu ya!

Baca juga : Cara Memulai Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga 

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Kementerian Koperasi dan UKM

Banyak program yang ditawarkan oleh Kementrian Koperasi dan UKM untuk membantu calon pengusaha, diantaranya dengan memberikan bantuan modal usaha. Berikut ini persyaratan yang bisa anda ajukan kepada Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia, Kementerian Koperasi dan UKM untuk permohonan usaha anda :

  1. Individu yang memiliki potensi mengembangkan usaha
  2. Memiliki alamat usaha yang jelas, serta terdaftar di Kelurahan/RT/RW setempat
  3. Mempunyai NPWP atas nama calon pengusaha yang masih aktif
  4. Memiliki KTP, rekening tabungan yang masih berlaku
  5. Nomor telepon yang dapat dihubungi
  6. Proposal usaha yang menarik

Adapun proposal usaha yang anda buat harus meliputi :

  • Judul, latar belakang pengembangan usaha yang jelas
  • Tujuan dan sasaran pengembangan usaha
  • Analisa pasar dan resiko usaha
  • Rincian kebutuhan modal usaha
  • Perhitungan rugi laba
  • Dokumentasi berupa foto-foto usaha yang saat ini sedang dijalankan
  • Dan lain-lain yang perlu disampaikan

Itulah persyaratan yang harus anda penuhi. Selanjutnya, anda bisa mengajukan proposal dengan mengirimkan ke alamat Kementrian Koperasi dan UKM yang ada di Jl. HR Rasuna Said Kv 3-4 Kuningan Jakarta 12940 yang ditujukan untuk Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia, Kementerian Koperasi dan UKM.

Setelah itu, proposal anda akan diseleksi dan jika lolos persyaratan akan dihubungi untuk mengikuti pembekalan kewirausahaan dan diseleksi kembali sebagai peserta program bantuan dana bagi pengembangan wirausaha pemula kepada Deputi Bidang Pembiayaan.

Nah, itulah kumpulan cara mendapatkan modal usaha dari berbagai sumber. Semoga dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat khususnya bagi anda yang ingin menjalankan usaha. Jangan lupa, share artikel ini ya!

 

 

Leave a Reply