Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Cara Memulai Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga memang sudah kodratnya seorang wanita, mulai dari mengurus anak, suami hingga pekerjaan rumah. Namun, bukan berarti tidak bisa berpenghasilan dari rumah. Oleh karena itu, bagaimana cara memulai usaha untuk ibu rumah tangga akan kami bahas selengkapnya lewat artikel ini. Tapi, sebelum itu kita harus mengerti dulu apa itu sebenarnya usaha atau bisnis. Sehingga, ibu rumah tangga bisa menjalankan usaha atau bisnisnya dengan lancar.

Pengertian Usaha Atau Bisnis

Apa itu usaha atau bisnis? Usaha atau bisnis adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan berupa uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta mencapai kesuksesan dalam hidup. Tentunya usaha harus dilakukan secara terus-menerus agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara memulai usaha sendiri bukanlah sesuatu yang mudah, tapi juga tidak sulit. Selain modal untuk usaha, asalkan memiliki tekad yang kuat kita pasti bisa sukses dalam usaha atau bisnis di bidang apapun.

Usaha atau bisnis bisa dijalankan oleh siapa saja, tak terkecuali untuk ibu rumah tangga. Selanjutnya, kami akan membahas prospek atau peluang usaha yang bisa dilakukan untuk ibu rumah tangga.

Prospek Ibu Rumah Tangga Sukses Berbisnis

Banyak prospek atau peluang usaha yang bisa dilakukan di rumah. Tentunya usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga, sehingga tetap bisa mengurus anak dan suami di rumah tanpa perlu repot meninggalkan mereka.

Berikut ini 3 peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan dan bisa menjadi pilihan usaha Anda :

  • Membuka usaha/bisnis online shop

Bisnis online shop kini semakin menjamur, mulai dari baju hingga barang-barang yang unik dijual melalui online tanpa tatap muka. Bisnis ini juga diminati masyarakat, terlebih ibu rumah tangga. Selain modalnya cukup terjangkau, bisnis online shop bisa Anda lakukan tanpa harus stok barang atau istilah kerennya menjadi dropshipper. Dengan menjadi reseller online shop, Anda juga harus teliti memilih supplier atau penyedia barang dagangan sehingga bisnis Anda bisa berjalan lancar. Carilah supplier yang terpercaya. Kedua, dalam mempromosikan online shop juga sangat mudah yakni hanya bermodalkan sosial media, kuota internet dan gadget. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual. Mudah kan?

  • Membuat kerajinan tangan

Suka merajut, membuat bros, gantungan kunci atau kerajinan tangan lainnya? Manfaatkan keahlian Anda ini untuk mendapatkan penghasilan. Selain bermodalkan keahlian, membuat kerajinan tangan juga memiliki modal yang sangat terjangkau dan bahan – bahan yang mudah didapatkan. Prospek usaha ini sangatlah menjanjikan, tentunya jika Anda terus berinovasi, kreatif dan memiliki keunikan tersendiri.

Baca juga : cara membuat tas dari tali kur

  • Membuka usaha jasa katering

Jika Anda ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak dan keahlian lebih di bidang tersebut, buka usaha jasa katering bisa menjadi pilihan usaha Anda lho. Anda bisa memulainya dengan menerima pesanan dari orang terdekat seperti keluarga, kerabat, saudara, dan tetangga. Selain kerabat dekat, Anda bisa mendapatkan pesanan dari kantor-kantor yang biasanya memiliki jangka waktu yang lama.

Itulah 3 usaha yang cukup menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Anda ingin mencoba yang mana? Atau anda memiliki ide berbisnis lain?

Cara Memulai Usaha Dagang Makanan

Salah satu cara memulai usaha kecil adalah dengan menjual makanan. Bisnis kuliner sangat diminati masyarakat dan cocok untuk ibu rumah tangga. Untuk memulai bisnis ini diperlukan tekad yang kuat, kreatifitas serta inovasi.

Berikut cara memulai usaha dagang makanan/kuliner yang harus Anda perhatikan agar bisnis bisa berjalan lancar :

  1. Tentukan target pasar secara spesifik, mulai dari usia, pekerjaan, penghasilan, gaya hidup dan sebagainya. Setelah menentukan target pasar, Anda bisa memulai strategi apa yang akan dilakukan selanjutnya. Misalnya jika kita ingin membuka usaha makanan di kampus misalnya, tentu makanan yang kita jual harus memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, lokasi yang nyaman seperti warung nasi berkonsep kafe juga sangat cocok untuk mahasiswa.
  2. Pilih lokasi yang strategis, karena lokasi juga menentukan sukses atau tidaknya usaha kuliner yang sedang Anda jalankan saat ini. Pilihlah lokasi yang ramai ataupun bergabung di pusat-pusat jajanan/foodcourt bersama pedagang lainnya.
  3. Survey harga bahan baku di pasaran. Untuk memulai usaha kuliner tentu kita harus tahu harga bahan baku di pasaran serta menghitung modalnya. Hal ini berguna untuk menentukan harga jual untuk menghindari kerugian ke depannya.
  4. Selalu berinovasi. Dalam usaha dagang makanan, inovasi sangat diperlukan supaya pelanggan tidak cepat bosan dengan makanan yang kita jual. Inovasi meliputi rasa, tampilan, bentuk penyajian dan kreasi dalam pembuatannya.
  5. Memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang kuliner. Hal ini tentu sangat diperlukan supaya Anda bisa terus berinovasi, memiliki ide-ide baru untuk bisnis kuliner yang sedang Anda jalankan.
  6. Memanfaatkan media sosial supaya bisnis kita lebih dikenal. Banyak pebisnis kuliner yang awalnya menggunakan media sosial dan sukses hingga kini. Salah satunya menggunakan instagram, Anda hanya cukup foto dan upload makanan apa saja yang tersedia di warung makan atau kafe anda
  7. Sabar di awal usaha. Bukan hanya usaha kuliner saja, tapi di semua usaha tentu kita harus bersabar apalagi jika kita baru memulainya.

Manfaat Memiliki Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Apa saja keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan para ibu rumah tangga ketika memiliki sebuah usaha sendiri?

  1. Memiliki kebebasan waktu bersama anak dan keluarga. Anda dapat leluasa mengatur usaha tanpa meninggalkan anak dan suami di rumah.
  2. Membantu suami. Dengan memiliki usaha sendiri, Anda dapat membantu ekonomi keluarga.
  3. Jika Anda membuka usaha tentu akan membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu usaha Anda berkembang lebih besar lagi. Oleh karena itu, lewat usaha Anda bisa membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.
  4. Menjadi ibu rumah tangga memiliki rutinitas yang hampir sama setiap harinya. Jika anda memiliki usaha atau bisnis sampingan, tentu menjadi tantangan tersendiri dan anda juga tidak cepat bosan dengan rutinitas yang Anda miliki.
  5. Kebebasan berkreasi. Lewat ide-ide yang inovatif yang bisa anda bisa berkerasi dan terapkan di usaha yang anda miliki.
  6. Dengan membuka usaha sendiri akan melatih kemandirian anda. Anda tidak terlalu bergantung kepada suami jika ingin membeli sesuatu yang anda inginkan karena anda bisa membelinya sendiri.
  7. Salah satu jalan untuk mewujudkan mimpi anda. Misalnya, jika anda ingin menjadi pengusaha sukses atau ingin jalan-jalan keluar negeri tentu anda bisa mewujudkan mimpi tersebut lewat usaha yang sedang anda jalankan saat ini. Kuncinya adalah ketekunan dan pantang menyerah.

Itulah cara memulai usaha untuk ibu rumah tangga. Seluk beluk mengenai usaha dan manfaat usaha untuk ibu rumah tangga. Semoga dapat memberikan inspirasi untuk anda, khususnya ibu rumah tangga dalam berkreasi dan menjalankan usaha.

Jangan lupa share artikel ini ya!

Leave a Reply