Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Sate Taichan, Kuliner Yang Lagi Hits

Buat pecinta kuliner pastinya sudah nggak asing lagi dengan sate taichan, kuliner yang hits banget di tahun 2016 hingga sekarang. Peminat sate ayam tanpa bumbu kacang dan kecap ini semakin meningkat, sehingga kini banyak pedagang sate taichan menyebar hingga seluruh Indonesia. Cara membuat usaha sate taichan akan kami bahas selengkapnya disini. Namun sebelum itu, kenapa sih sate ayam ini disebut sate taichan? Ada yang tahu?

Apa Itu Sate Taichan? Asal Usul Dan Historinya

Mungkin banyak yang mengira kalau sate taichan berasal dari negara Jepang atau Korea, padahal kuliner ini kreasi asli Indonesia lho. Sate yang terbuat dari daging ayam ini memang berbeda dari sate ayam yang biasa dijual di pasaran. Apa sih yang bikin beda? Ternyata sate taichan tidak menggunakan kecap dan bumbu kacang saat disajikan, melainkan bumbu khusus. Selain itu, tampilan daging ayam setelah dibakar juga lebih putih dibandingkan sate ayam lainnya – cara membuat usaha sate taichan.  

Adalah Amir, salah satu pemilik gerai sate taichan di daerah Senayan sekaligus pelopor menu sate ini mengatakan kalau nama sate taichan diambil dari sebutan salah seorang pelanggan asal Jepang yang mampir ke gerainya pada saat itu. Tapi, si pelanggan meminta masak sendiri dan dia tidak menggunakan kecap maupun bumbu kacang, namun hanya garam ditaburkan ke daging, lalu jeruk nipis dan sambal diatasnya. Kemudian, Pak Amir bertanya apa nama yang pas untuk menu sate tersebut. Si pelanggan tersebut menyebutnya sate taichan. Bersama kedua temannya, yaitu Ocit dan Heri yang juga menjadi pelopor kuliner ini, Amir mengembangkan usahanya. Kini ada tiga sate taichan yang terkenal di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), yaitu Sate Taichan Bang Amir, Sate Taichan Bang Ocit dan Sate Taichan Bang Heri.

Nah, sekarang sudah tau kan apa itu sate taichan dan asal usulnya? Jadi, nggak cuma sering makan aja tapi kamu juga harus tahu asal usul kuliner yang lagi hits ini! Selanjutnya, kami akan share informasi rekomendasi tempat untuk menikmati sate taichan ini. Dimana saja ya? Simak disini ya…

Tempat Rekomendasi Untuk Makan Sate Taichan

Sate taichan banyak diburu pecinta kuliner, karena itu tak heran gerai sate taichan selalu ramai pengunjung. Begitu juga dengan lima tempat makan sate taichan yang recommended dan nge-hits di masyarakat berikut ini :

  • Sate Taichan 87 Bang Ochit Senayan

Lokasinya tepat berseberangan dengan patung panahan Senayan di Jl. Asia Afrika. Buka mulai jam 21.00 malam, tempat makan in selalu ramai pengunjung. Untuk menikmati sate taichan, kamu cukup merogoh 2 ribu rupiah saja per tusuknya. Murah kan? Soal rasa, nggak perlu diragukan lagi, dijamin lezat!

  • Sate Taichan Bang Ucup

Sate Taichan Bang Ucup berlokasi di Muara Karang Blok D7U nomor 201-203, Pluit, Jakarta Utara. Harga mulai Rp 3.000/tusuk. Mulai jam 6 sore hingga tengah malam kamu bisa menikmati sate taichan disini.

  • Sate Taichan Bang Maman

Satu lagi sate taichan di kawasan Jakarta Utara, tepatnya di Jl Danau Sunter Utara Blok J12 No. 6. Sate Taichan Bang Maman ini buka mulai jam 18.00 – 23.00 WIB. Untuk harga, Rp 25.000/porsinya. Terjangkau kan?

  • Sate Taichan Goreng

Kalau kamu jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa mampir ke Sate Taichan Goreng yang ada di Dipa Junction, Jl. Aria Jipang, Bandung. Selain di Bandung, tempat makan ini juga ada di Ruko Grand Galaxy City, Blok AR No. 15 Jl. Pulo Ribung, Bekasi Selatan dan Jl. Harapan Indah, Pejuang, Medan Satria, Kota Bekasi. Mulai dari Rp 2.500 kamu sudah bisa menikmati sate taichan disini. Jam buka pukul 10.00 – 23.00 WIB.

  • Sate Taichan Bang Gondrong

Nah, kalau kamu tinggal di Depok pasti sudah nggak asing dengan Sate Taichan Bang Gondrong yang ada di Jl. Margonda Raya, No 277D, Depok. Harga mulai Rp 2.500/tusuk dan jam buka 16.00 – 24.00 WIB.

Itulah 5 rekomendasi tempat makan sate taichan yang ada di Jakarta, Depok dan Bekasi. Daripada penasaran, mending langsung aja datangi tempatnya.

Cara Membuat Usaha Sate Taichan

Menu sate memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kuliner yang satu ini memiliki citarasa yang khas, dari daging bakar, kecap serta bumbu kacang yang khas.  Apalagi, makanan ini sangat cocok dihidangkan hangat dan dinikmati dengan nasi yang masih hangat pula. Tak heran, banyak penikmat sate yang ketagihan dengan menu yang satu ini.

Sate taichan, salah satu menu sate yang kini hits di kalangan pecinta sate. Uniknya, sate yang dibuat dari daging ayam ini disajikan tanpa kecap dan bumbu kacang lho. Melainkan hanya dilumuri garam, jeruk nipis dan sambal di atasnya lalu dibakar. Karena bentuk dan rasanya yang unik, tak heran menu yang satu ini sangat bagus untuk peluang usaha.

Nah, kamu berniat untuk usaha sate taichan juga? Simak dulu tips dan cara membuat usaha sate taichan berikut ini :

  1. Survei tempat usaha. Pilih tempat dan lokasi yang strategis, seperti perkantoran, perumahan, pasar, mall, kampus ataupun tempat keramaian yang lainnya.
  2. Survei harga pasaran. Sebelum membuka usaha sate taichan, baiknya kamu survei dulu harga sate taichan di pasaran. Sehingga, perbandingan harga dengan pedagang lainnya tidak terlalu jauh.
  3. Pilih bahan baku berkualitas. Untuk menghasilkan rasa yang lezat, tentu didukung dari bahan-bahan baku yang bagus. Jadi, selalu gunakan bahan-bahan berkualitas untuk menu sate taichan kamu.
  4. Latihan membuat sate taichan. Resep sate taichan banyak tersedia di internet, oleh karena itu terus latihan membuat sate taichan agar menemukan rasa yang pas.
  5. Gencar melakukan promosi. Banyak cara untuk melakukan promosi, diantaranya membuat brosur, media sosial, dan masih banyak lagi. Tujuannya tentu agar usaha sate taichan kamu semakin dikenal orang.

Itulah beberapa tips dan cara membuat usaha sate taichan. Semoga bisa membantu dan menginspirasi ya! Selanjutnya, kami akan membagikan informasi bagaimana cara membuat sate taichan yang lezat. Seperti apa?

Cara Membuat Sate Taichan Yang Lezat

Untuk bisa menikmati sate taichan di gerai/kedai sate taichan, kamu harus rela mengantri dengan pelanggan lain. Namun, sekarang nggak usah khawatir karena kamu bisa bikin sendiri di rumah. Selain bahan-bahan mudah ditemukan, cara membuat sate taichan juga sangat mudah lho. Siapa tahu bisa jadi peluang usaha juga kan?

Simak resep dan cara membuat sate taichan yang lezat berikut ini :

Bahan-bahan 

• dada ayam 2 buah, potong dadu
• 2 sendok teh lada bubuk
• jeruk nipis 2 buah
• 2 sendok teh garam
• tusuk sate secukupnya

Bahan untuk bumbu

• 7 buah cabe rawit
• 15 buah cabe merah
• 6 siung bawang merah
• 4 siung bawang putih
• 1 buah tomat
• 1/2 sendok teh lada
• 50 ml air
• 1/2 sdt garam
• Gula secukupnya (bisa diganti dengan gula merah)

Sudah tau kan bahan-bahan sate taichan? Sekarang simak yuk cara membuat sate taichan yang lezat berikut ini :

1. Cuci bersih ayam, kemudian potong dadu.
2. Tusukkan masing-masing 4 buah ayam yang sudah dipotong-potong tersebut dengan tusuk sate
3. Lumuri dengan garam, jeruk nipis dan lada. Diamkan hingga 20 menit
4. Panggang sate dengan api kecil agar matang merata, bolak balik agar tidak gosong
5. Kemudian, siapkan bumbu sate. Rebus semua bahan bumbu sate hingga melunak
6. Haluskan dengan blender, kemudian tumis hingga harum
7. Sajikan sate yang sudah dipanggang dengan bumbu. Sate taichan siap dinikmati

Sate taichan ini sangat lezat jika dinikmati bersama nasi hangat. Jangan lupa taburkan bawang goreng juga ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply