Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Cara Membuat Minyak Kemiri Dan Berbagai Manfaatnya

Siapa yang tidak mengenal kemiri? Jenis tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, diantaranya sebagai bumbu dapur dan obat herbal. Selain itu, kemiri juga bisa diolah menjadi minyak kemiri yang gunanya untuk mencegah kerontokan pada rambut dan penumbuh alis. Kali ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat minyak kemiri dengan mudah. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Tapi, sebelum itu, yuk kita mengenal minyak kemiri lebih dekat!

Mengenal Minyak Kemiri

Cara membuat minyak kemiri – Minyak kemiri lebih dikenal sebagai obat herbal yang diolah dari biji kemiri. Tanaman kemiri dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki iklim tropis, di daerah Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Tanaman ini mempunyai tinggi hampir 25 meter, daunnya yang berwarna hijau pucat, dan biji kemiri yang memiliki diameter 4-6 cm. Biji kemiri mempunyai lapisan keras di bagian luar sebagai pelindung. Minyak kemiri sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan rambut. Masih banyak manfaat dari minyak kemiri yang bisa kamu rasakan sendiri. Apa saja ya? Simak ulasannya selanjutnya…

Manfaat Minyak Kemiri

Tahukah kamu? Kemiri mengandung gizi seperti karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, kandungan senyawa baik juga terdapat pada kemiri diantaranya polifenol, saponin dan flavonoid. Oleh karena itu, minyak kemiri memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuhmu. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

  • Pengen punya rambut hitam berkilau? Rutin gunakan minyak kemiri ya…

Salah satu manfaat minyak kemiri adalah menghitamkan rambut. Selain itu, minyak kemiri juga bisa membuat rambut lebih berkilau. Daripada menghitamkan rambut dengan bahan kimia, lebih baik gunakan yang alami kan?

  • Mencegah rambut rontok

Sebel gara-gara rambutmu sering rontok? Oleskan minyak kemiri dari akar hingga ujung rambut secara rutin, alhasil kerontokan pada rambutmu akan sedikit berkurang.

  • Membuat rambut lebih tebal

Rambutmu tipis? Pengen punya rambut yang terlihat lebih tebal? Menggunakan minyak kemiri secara teratur dapat memicu pertumbuhan rambut baru, sehingga rambut lebih bervolume dan tentunya ini bisa menjadi solusi untuk rambut tipismu.

  • Mengatasi rambut yang beruban

Tidak jarang banyak orang yang masih berusia muda, tapi sudah beruban. Bisa jadi ini dikarenakan terlalu banyak pikiran ataupun karena keturunan. Padahal normalnya rambut mulai memutih pada usia 45-55 tahun. Daripada menggunakan semir rambut yang megandung banyak bahan kimia, lebih baik gunakan saja minyak kemiri secara rutin.

  • Mencegah kolestrol jahat dalam tubuh

Selain untuk kesehatan rambut, minyak kemiri ternyata juga dapat membantu mengatasi kesehatan organ dalam. Kandungan zat fitosterol di dalam minyak kemiri bisa menghancurkan enzim pembentuk kolestrol jahat di dalam tubuh, terutama pada organ hati.

  • Mencerahkan kulit

Menjaga penampilan tentu sangat penting, dimulai dari wajah yang bersih dan cerah tentu akan membuat kita lebih percaya diri. Percaya atau tidak, minyak kemiri dapat mencerahkan kulitmu serta dapat mengangkat sel kulit mati.

Itulah beberapa manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan rambut. Lalu bagaimana cara membuat minyak kemiri?

Cara Membuat Minyak Kemiri Bakar

Minyak kemiri dapat dibuat dengan cara dibakar, hasilnya lebih pekat dan hitam. Cara membuat minyak kemiri sangat mudah, kamu bisa mempraktekkannya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Bahan – bahan :

  1. Biji kemiri secukupnya
  2. Blender
  3. Lilin dan korek api

Langkah-langkah membuat minyak kemiri bakar :

  • Nyalakan lilin, tusuk biji kemiri dengan garpu atau lidi kecil. Lalu taruh biji kemiri di atas lilin yang sudah dibakar. Putar-putar biji kemiri hingga seluruh bagiannya menghitam. Kamu juga bisa menggunakan kompor dengan api kecil untuk membakar biji kemiri.
  • Siapkan blender, masukkan biji kemiri yang sudah dibakar ke dalam blender hingga keluar minyaknya.
  • Oleskan minyak kemiri tersebut di kulit kepala dan rambut. Gunakan minyak kemiri secara rutin agar hasilnya maksimal.

Mudah bukan cara membuat minyak kemiri bakar? Cara ini adalah cara yang paling menghemat waktumu. Selain dibakar, minyak kemiri juga dapat dibuat dengan cara sangrai dan perasan. Minyak kemiri juga digunakan untuk alis lebih tebal. Seperti apa caranya?

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Alis

Memiliki alis yang tebal tentunya menjadi impian bagi setiap wanita. Kini memang banyak cara yang lebih modern untuk membuat alis terlihat lebih tebal, dengan menggunakan pensil alis misalnya. Bahkan beberapa wanita rela menguras kantongnya hanya untuk sulam alis. Padahal, ada lho cara alami untuk membuat alis terlihat lebih tebal yaitu dengan menggunakan minyak kemiri.

Cara membuat minyak kemiri untuk alis sangatlah mudah. Siapkan biji kemiri secukupnya, lalu bakar diatas kompor hingga menghitam. Kemudian, tumbuk biji kemiri yang sudah dibakar tadi hingga mengeluarkan minyak. Ambil minyak kemiri menggunakan kapas dan oleskan pada alis. Biarkan hingga 1 jam agar minyaknya meresap. Jika sudah, bersihkan minyak kemiri menggunakan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, kurang lebih dua bulan alismu akan terlihat lebih tebal. Yuk, praktekkan cara ini di rumah!

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Rontok

Sudah banyak yang tahu kalau manfaat dari minyak kemiri sangat baik untuk mencegah kerontokan pada rambut. Oleh karena itu, selanjutnya kami akan membahas cara membuat minyak kemiri yang benar untuk mengatasi rambut rontok. Simak ulasannya di bawah ini ya~

Pertama, siapkan dulu bahan-bahannya. Simple kok, hanya biji kemiri secukupnya dan air putih. Lalu sangrai biji kemiri hingga matang dan dinginkan selama beberapa menit. Kemudian, blender biji kemiri hingga halus. Setelah halus, tambahkan sedikit air untuk kemudian diperas menggunakan kain halus sampai minyaknya keluar. Saring hasil perasan tersebut dan masukkan ke dalam wadah. Setelah itu, oleskan minyak kemiri pada kulit kepala hingga ujung rambut setiap kamu mandi. Lakukan ini setiap hari, alhasil rambut rontokmu akan berkurang.

Daripada harus ke salon, menggunakan hair extentions ataupun wig/rambut palsu yang jelas membutuhkan biaya tidak sedikit, lebih baik gunakan saja yang alami seperti minyak kemiri ini. Selain, mencegah kerontokan rambut minyak kemiri juga dapat membuat rambut lebih bervolume dan hitam berkilau.

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Jambang

Bukan hanya wanita saja yang peduli dengan penampilan, tapi pria juga tidak mau kalah. Salah satu penampilan penting pada pria adalah mempunyai jambang, karena akan terlihat lebih macho dan keren. Tidak semua pria bisa memilikinya karena jambang bisa tumbuh karena faktor keturunan atau gen. Tapi, nggak usah khawatir karena minyak kemiri bisa menumbuhkan jambang lho…

Lantas, gimana cara membuat minyak kemiri untuk jambang? Pertama, siapkan biji kemiri secukupnya lalu bakar selama 3 menit atau sampai menghitam. Blender atau tumbuk biji kemiri hingga mengeluarkan minyak kemiri. Lalu, usapkan minyak kemiri pada jambang secara rutin agar hasilnya sesuai keinginan kita.

Demikian informasi mengenai cara membuat minyak kemiri yang benar dan manfaatnya untuk kesehatan. Ingat, kesehatan itu mahal harganya, yuk jaga kesehatan tubuh sejak dini! Salam….

 

Leave a Reply