Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Cara Daftar Ojek Online : Go-Jek, GrabBike, dan Uber 2017

Cara daftar ojek online – Kemunculannya sempat menghebohkan dan menjadi kontroversi, siapa lagi kalau bukan ojek online. Meskipun begitu, ojek online nyatanya menjadi salah satu transportasi yang turut andil dalam mengatasi kemacetan di ibukota Jakarta ini. Bahkan, kini banyak orang yang beralih menggunakan jasa transportasi ojek online karena harganya yang lebih murah juga tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan transportasi lainnya. Lantas, apa sebenarnya ojek online dan sejak kapan menjadi populer di kalangan masyarakat?

Apa Itu Ojek Online? – Cara Daftar Ojek Online

Ojek online adalah salah satu jasa transportasi modern berbasis aplikasi. Dimana untuk menggunakan jasa ini, pelanggan harus mendownload aplikasi ojek online tersebut lewat Play Store ataupun App Store. Selain itu, pelanggan juga tidak perlu repot untuk menawar harga seperti yang biasa dilakukan saat menggunakan jasa ojek pangkalan karena biaya sudah dihitung secara otomatis lewat aplikasi tersebut sesuai jarak tempuh.

Sejak kemunculannya di awal tahun 2015 lalu, ojek online menjadi booming karena diawali dengan tarif promo yang begitu menggiurkan. Hal ini tentu sangat menarik perhatian masyarakat. Bagaimana tidak, jika tarif awalnya saja hanya kisaran Rp 10.000 – Rp 15.000 dengan maksimal 25 km. Bahkan, pelanggan bisa melakukan perjalanannya secara GRATIS!. Selain itu, banyak  dari pengemudi ojek online yang mendapatkan penghasilan di atas rata-rata. Oleh karena itu, tidak sedikit peminat yang ingin bergabung dengan perusahaan ojek online di Jakarta dan cara daftar ojek online akan kami bahas selengkapnya lewat artikel ini.

Cara Daftar Go-Jek Driver, Apa Saja Persyaratannya?

Go-Jek merupakan sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan layanan jasa ojek berbasis aplikasi, yang dibuat oleh pengusaha muda asal Indonesia, Nadiem Makarim. Selain jasa ojek online, Go-Jek juga memiliki layanan lain diantaranya Go-Food, Go-Send, Go-Box, dan Go-Car. Bahkan baru-baru ini mereka merilis layanan Go-Pulsa, dimana kamu bisa mengisi pulsa lewat aplikasi tersebut.

Go-Jek menjadi trendsetter ojek online di Indonesia. Maka, tidak heran jika di pertengahan tahun 2016 lalu hingga memasuki tahun 2017 ini, perusahaan serupa semakin menjamur di Indonesia. Banyak orang yang berminat menjadi driver Go-Jek, ditambah lagi cara daftar ojek online Go-Jek juga tidak ribet. Lantas, apa saja yang perlu disiapkan untuk menjadi driver Go-Jek?

Persyaratan daftar Go-Jek 

Cara daftar Go-Jek, calon driver harus menyiapkan beberapa persyaratan dokumen berikut. Di antaranya adalah :

  • Fotokopi KTP, SIM C, Kartu Keluarga, dan STNK.
  • Surat Keterangan Domisili jika KTP dan tempat tinggal berbeda.
  • Jaminan asli Ijazah terakhir, BPKB, Kartu Keluarga, Akta Lahir atau Buku Nikah.
  • Minimal pendidikan terakhir SMP.
  • Usia maksimal 55 tahun, sehat jasmani dan rohani.
  • Membawa motor pada saat seleksi.
  • Berpakaian sopan dan rapi.

Sementara itu, cara daftar Go-Jek adalah sebagai berikut :

  1. Mendaftar Go-Jek lewat email – kirim CV beserta lampiran dokumen persyaratan melalui email daftardriver@go-jek.com. Jangan lupa menggunakan subjek “daftar driver go-jek” agar terlihat lebih rapi dan siapa tahu lebih cepat juga dihubungi oleh pihak Go-Jek.
  2.  Daftar Go-Jek berkelompok lewat ojek pangkalan – saat ini Go-Jek lebih memprioritaskan para ojek pangkalan yang ingin mendaftar menjadi driver Go-Jek. Siapkan persyaratan berikut ini sebelum grup ‘opang’ atau ojek pangkalan kamu daftar menjadi driver Go-Jek, diantaranya Surat Keterangan Kepolisian bahwa grup opang terdaftar di BINMAS atau POSPOL wilayah kamu, atau Surat Keterangan RT/RW setempat. Lampirkan juga foto pangkalan dan foto grup opang untuk mempercepat prosesnya.
  3. Mendaftar lewat teman yang sudah menjadi mitra Go-Jek – kamu bisa minta tolong untuk dipertemukan dengan koordinator yang mengurus perekrutan Go-Jek.

Cara Daftar GrabBike Driver, Ini Syaratnya

Sama halnya dengan Go-Jek, GrabBike juga hadir sebagai pilihan jasa transportasi berbasis aplikasi. Selain jasa ojek online, GrabBike juga menghadirkan jasa taksi online. Layanan ini dibuat oleh pengusaha muda asal Malaysia bernama Anthony Tan. Sebagai pesaing terbesar dari Go-Jek, GrabBike tidak hanya beroperasi di Indonesia saja tapi juga negara tetangga seperti Vietnam. Lantas, bagaimana cara daftar ojek online yang satu ini?

Berbeda dengan Go-Jek, cara daftar GrabBike bisa dilakukan secara online. Kunjungi website berikut https://www.grab.com/id/driver/bike/ lalu isi data diri kamu secara lengkap dan klik daftar. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu panggilan selanjutnya untuk tahap seleksi atau interview.

Selain itu, kamu juga bisa datang langsung ke kantor GrabBike di Jl. Bendungan Hilir Raya no. 114, Jakarta. Siapkan uang Rp 100.000 sebagai saldo awal dan materai 6000 serta alat tulis. Berikut persyaratan jika kamu ingin melamar menjadi driver GrabBike :

  • Usia maksimal 50 tahun dan sehat jasmani serta rohani
  • Pendidikan terakhir SMA
  • Fotokopi SIM C dan KTP yang masih berlaku
  • Menyerahkan jaminan berupa ijazah, BPKB, KK atau Buku Nikah
  • Memiliki kendaraan yang layak
  • Diutamakan yang bisa menggunakan Smartphone Android
  • Menguasai jalanan yang akan ditempuh
  • Berdedikasi tinggi, jujur dan rapi

Bukan hanya ojek online dan taksi online saja, GrabBike juga memiliki layanan GrabCar, GrabFood, GrabHitch, dan GrabExpress.

Cara Daftar Uber, Ternyata Sangat Mudah!

Satu lagi aplikasi jasa transportasi online yang hadir di Indonesia, tidak lain adalah Uber. Ada tiga layanan yang disediakan Uber, di antaranya UberMotor, UberPool dan UberX. Tentunya kamu sudah familiar dengan UberMotor, jasa ojek online yang tidak jauh berbeda dengan Go-Jek dan GrabBike. Tapi, kalau UberPool dan UberX dimana letak perbedaan keduanya?

UberPool adalah jasa layanan sharing dengan penumpang lain, jadi kamu harus berbagi dengan orang lain yang memiliki tujuan perjalanan yang sama atau bahkan lebih jauh dari kamu. UberPool juga memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan dengan UberX.

Sementara itu, UberX merupakan jasa layanan private driver. UberX memiliki jumlah kursi lebih banyak dibandingkan UberPool. Meskipun tarifnya lebih mahal dibandingkan UberPool, tetapi jika kamu menggunakan jasa layanan UberX kamu bisa lebih cepat sampai tujuan.

Tertarik untuk menjadi driver Uber? Berikut persyaratan dan cara daftar Uber driver :

  • Usia minimum 21 tahun
  • Lulus tes kelayakan
  • Memiliki kendaraan yang layak
  • SIM C, STNK, SKCK
  • Memiliki Smartphone Android 4.0 atau iPhone 4S

Lalu bagaimana cara daftar ojek online yang satu ini? Pendaftaran sebagai driver Uber sangat mudah, kamu bisa mengunjungi website berikut ini t.uber.com/motor. Isi data diri secara lengkap, lalu pihak Uber nantinya akan mengundang untuk sesi interview dan dijelaskan lebih lanjut mengenai kemitraan dengan Uber. Kantor Uber juga banyak tersebar di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Lokasi lengkapnya bisa kamu lihat disini

Cara daftar Uber ternyata sangat mudah, kan?  Selamat mencoba ya!

Menjadi pengemudi driver ojek online memang salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Apalagi jika kamu menekuni pekerjaan sederhana ini, kamu akan mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi. Demikian informasi mengenai cara daftar ojek online, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Jangan lupa share artikel ini ya!

Leave a Reply